Jelaskan perbedaan tautan (linkage) dengan pidah silang (crossing over).


Soal Uji Kompetensi Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XII (Penerbit Erlangga) Halaman 203-207:

Soal Uraian:

Jelaskan perbedaan tautan (linkage) dengan pidah silang (crossing over).


Jawaban:

  • Tautan (linkage) adalah peristiwa dua gen atau lebih yang terletak pada kromosom yang sama dan tidak dapat memisah secara bebas pada waktu pembelahan meiosis. Gen-gen tersebut tidak dapat memisah secara bebas atau dalam keadaan tertaut sehingga cenderung akan diturunkan bersama-sama. Tautan lebih sering terjadi anatara gen-gen yang berbeda, tetapi letaknya berdekatan. Tautan dapat terjadi pada kromosom tubuh maupun kromosom seks. Tautan yang terjadi pada kromosom tubuh disebut tautan autosomal, sedangkan tautan yang terjadi pada kromosom seks disebut tautan seks.    
  • Pidah silang (crossing over) adalah bertukarnya gen-gen yang terdapat dalam suatu kromosom dengan gen-gen yang terletak pada kromosom lainnya yang sehomolog maupun yang bukan sehomolog. Pertukaran gen-gen pada suatu kromatid diikuti dengan patah dan melekatnya segemn kromatid tersebut pada kromosom pasangannya, sehingga gen berpindah ke segmen kromosom pasangannya. Pidah silang terjadi pada saat profase pembelahan meiosis. Pindah silang sering terjadi pada gen-gen yang tertaut, tetapi kekuatan tautannya lemah dan letaknya berjauhan. Semakin berjauhan letaknya maka kekuatan tautannya semeakin lemah. Hal tersebut memungkinkan terjadinya pindah silang.   


Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama