Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 1 LABUHANHAJI
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Kelas/Semester : X MIA/1 DAN 2
Tahun Pelajaran : 2015/2016
SMT
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
I
|
KI 3
KI 4
|
3.1. Memahami tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada
berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah
dan prinsip keselamatan kerja
berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
4.1. Menyajikan data tentang objek dan permasalahan biologi pada
berbagai tingkatan organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan
memperhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya dalam bentuk
laporan tertulis.
|
6 jp
|
I
|
KI 3
KI 4
|
3.2. Menganalisis data hasil obervasi tentang berbagai tingkat
keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia.
4.2. Menyajikan hasil identifikasi usulan upaya pelestarian
keanekaragaman hayati Indonesia
berdasarkan hasil analisis data ancaman kelestarian berbagai keanekaragaman
hewan dan tumbuhan khas Indonesia yang dikomunikasikan dalam berbagai bentuk
media informasi.
ULANGAN HARIAN 1
|
9 jp
|
I
|
KI 3
KI 4
|
3.3. Menerapkan pemahaman tentang virus berkaitan dengan ciri,
replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat.
4.3. Menyajikan data
tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan dalam bentuk model/charta.
|
6 jp
|
I
|
KI 3
KI 4
|
3.4. Menerapkan
prinsip klasifikasi untuk menggolongkan archaebacteria
dan eubacteria berdasarkan
ciri-ciri dan bentuk melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
4.4. Menyajikan
data tentang ciri-ciri dan peran archaebacteria
dan eubacteria dalam kehidupan
berdasarkan hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis.
ULANGAN
HARIAN 2
|
9 jp
|
I
|
KI 3
KI 4
|
3.5. Menerapkan
prinsip klasifikasi untuk menggolongkan protista berdasarkan ciri-ciri umum
kelas dan perannya dalam kehidupan melalui pengamatan secara teliti dan
sistematis.
4.5. Merencanakan dan melaksanan pengamatan
tentang ciri-ciri dan peran protista dalam kehidupan dan menyajikan hasil
pengamatan dalam bentuk model/charta/gambar.
ULANGAN HARIAN 3
|
12 jp
|
I
|
KI 3
KI 4
|
3.6. Menerapkan prinsip klasifikasi untuk
menggolongkan jamur berdasarkan ciri-ciri dan cara reproduksinya melalui
pengamatan secara teliti dan sistematis.
4.6. Menyajikan data hasil
pengamatan ciri-ciri dan peran jamur dalam kehidupan dan lingkungan dalam bentuk laporan tertulis.
ULANGAN HARIAN 4
|
12 jp
|
Jumlah
|
54 jp
|
||
II
|
KI 3
KI 4
|
3.7. Menerapkan prinsip klasifikasi untuk
menggolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan pengamatan morfologi dan
metagenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya dalam kelangsungan kehidupan
di bumi.
4.7. Menyajikan data tentang morfologi dan
peran tumbuhan pada berbagai aspek kehidupan dalam bentuk laporan tertulis.
ULANGAN HARIAN 1
|
15 jp
|
II
|
KI 3
KI 4
|
3.8. Menerapkan prinsip
klasifikasi untuk menggolongkan hewan ke dalam filum berdasarkan pengamatan
anatomi dan morfologi serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan.
4.8. Menyajikan data tentang
perbandingan kompleksitas jaringan penyusun tubuh hewan dan perannya pada berbagai
aspek kehidupan dalam bentuk laporan tertulis.
ULANGAN HARIAN 2
|
18 jp
|
II
|
KI 3
KI 4
|
3.9. Menganalisis informasi/data
dari berbagai sumber tentang ekosistem dan semua interaksi yang berlangsung
didalamnya.
4.9. Mendesain bagan tentang
interaksi antar komponen ekosistem dan jejaring makanan yang berlangsung
dalam ekosistem dan menyajikan hasilnya dalam berbagai bentuk media.
|
9 jp
|
II
|
KI 3
KI 4
|
3. 10. Menganalisis data perubahan
lingkungan dan dampak dari perubahan perubahan tersebut bagi kehidupan.
4.10. Memecahkan
masalah lingkungan dengan membuat desain produk daur ulang limbah dan upaya
pelestarian lingkungan.
ULANGAN
HARIAN 3
|
12 jp
|
Jumlah
|
54 jp
|
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Labuhanhaji
Dra. Suhainiwar
NIP.
|
Labuhanhaji, 27 Juli 2015
Guru Mata Pelajaran Biologi
Irfan Dani, S.Pd. Gr
NIP.
|
Posting Komentar
Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....
Salam Pak Pandani