Benarkah Tidur Miring Ke Kanan Berbahaya?

Baru-baru ini sebuah postingan menghebohkan yang di publish (8/9) dalam laman vivalog (viva.co.id) dengan judul "Awas, Tidur Miring ke Kanan Dapat Membunuh Anda" mendapat respon keras dari netizen yang membacanya.

Bagaimana tidak, semua orang tahu, bahwa tidur miring miring atau menghadap arah kanan merupakan sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dan kita ketahui juga bahwa tidur miring kekanan memberikan banyak manfaat terhadapat kesehatan.

Namun, lain cerita yang dituliskan dalam artikel yang bersumber dari situs luar negeri stethnews. Disana dijelaskan bahwa tidur miring sangat berbahaya bagi kesehatan dan berisiko kematian.

Artikel ini terkesan sebuah argumen profokatif yang tidak didukung oleh fakta dan penelian ilmiah. Jika iya, referensi harus menyebutkan secara detail sumber referensi penelitian terpecaya, bukan hanya mengatas namakan dokter.


Justru Fakta ilmiah menunjukan bahwa sebenarnya tidur miring ke kanan sangat bermanfaat bagi kesehatan diantaranya sebagai berikut:
  1. Bisa menginstirahatkan otak kiri
  2. mengurangi beban jantung
  3. menginstirahatkan lambung
  4. mengisistirahatkan paha kiri
  5. merangsang BAB
  6. meningkatkan penyerapan gizi diusus
  7. meningkatkan pengosongan empedu dan pankreas
  8. meningkatkan kesehatan paru-paru
  9. melancarkan sistem pernapasan
  10. menghilangkan mendengkur saat tidur
Namun sedikit ada pengecualian, tidur miring ke kanan memang tidak baik untuk penderita asam lambung, ini sesuai dengan penelitian ilmiah dalam The Journal of Clinical Gastroenterology dan The American Journal of Gastroenterology. Bahwa:
Penderita asam lambung saat tidur miring ke kanan maka esophageal sphincter atau saluran antara perut dan kerongkongan dapat melemah mengakibatkan asam lambung dapat naik ke kerongkongan dan efeknya lambung menjadi terasa perih dan panas seperti terbakar, selain itu tidur miring ke kanan dapat meningkatkan asam lambung dan jika sampai naik ke kerongkongan akan lama untuk menghilangkannya.

Semoga kita dapat memilah dan menfilter semua informasi yang kita temui, agar terhindar dari bahaya yang justru merugikan diri kita sendiri.

Wallahu a’lam

Semoga bermanfaat!

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama