Ciri-ciri Umum Ganggang

GANGGANG MULTISELULER

A. Ciri-ciri umum ganggang Multiseluler
  • Ukuran dan bentuk tubuh
Ganggang memiliki ukuran beraneka ragam, dari yang tidak dapat dilihat secara langsung (mikroskopik) sampai yang dapat dilihat secara langsung (makrokopis). Ganggang makrokopis ada yang berukuran 25 µm, contohnya Navicula..Ganggang makrokopis terdiri atas satu sel dengan bentuk yang bervariasi yaitu: bulat, oval, kotak, segitiga, batang dan seperti bintang. Ganggang makrokopis ada yang mencapai panjang 50 m, contohnya Macrocystis. Bentuk tubuhnya bervariasi ada menyerupai benang atau filamen contohnya Spirogyra dan lembaran contohnya Laminaria, ulva, dan Macrocystis. Ganggang memiliki bentuk tubuh yang tetap karena sel-selnya memiliki dinding sel.
  • Struktur dan fungsi sel
Ganggang multiseluler terdiri atas sel-sel yang intinya diselubungi membran (eukariot). Sel ganggang memiliki kloroplas dan dinding sel. Kloroplas adalah organel plastida yang mengandung zat warna (pigmen). Bentuk kloroplas ganggang bervariasi, ada yang berbentuk bulat contohnya Chroococcum, seperti mangkuk contohnya Chorella, sabuk contohnya Ulothtrix, cakram atau diskoid contohnya Vaucheria, spiral contohnya Spiirogyra. 


Semua ganggang multiseluler mengandung klorofil di dalam selnya, tetapi pigmen yang dominan pada setiap divisio bervariasi. Pigmen dalam kloroplas berfungsi untuk menyerap energi cahaya matahari yang berguna untuk proses fotosintesis. Pigmen utama fotosintesis adalah klorofil (pigmen hijau). Klorofil terdapat dalam kloroplas. Pigmen klorofil dapat berupa klorofil a, klorofil b, klorofil c, atau klorofil d. Pigmen tambahan pada ganggang adalah karotin dan fikobilin, pigmen karotin dapat berupa santofil (keemasan) dan fukosantin (coklat). Pigmen fikobilin dapat berupa fikosianin (biru) atau fikoeritrin (merah). Jenis pigmen yang dominan menentukan warna ganggang dan merupakan salah satu kriteria klasifikasi ganggang. Ganggang memiliki suatu struktur di dalam kloroplas yang disebut pirenoid. Pirenoid berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan pada semua jenis ganggang.

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama