LEMBAR KERJA 1.1
ANALISIS DOKUMEN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN, KOMPETENSI INTI, KOMPETENSI DASAR, DAN SILABUS
Tabel 1. Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, IPK, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilaian Sebelum Anda mempraktikkan LK 1.1 untuk memproduk hasil kerja seperti pada Tabel 1 di atas, ikuti satu persatu instruksi kerja berikut.
1. Baca Modul 1 Unit 1 pahami alur analisis kompetensi yang melibatkan tujuh komponen kemudian padukan dengan penjelasan pada Gambar 1 berikut.
2. Pahami lebih detail komponen 4 dan 5 pada Gambar 1 dengan bantuan Gambar 2. Pada Gambar 2 tersebut memuat angka-angka yang menunjukkan urutan berpikir. Oleh karena itu Anda harus memahami penjelasan sesuai urutan angka pada Gambar 2 tersebut.
(*) Apabila setelah proses pembelajaran kemampuan peserta didik ada yang melewati "menganalisis" harap dicatat sebagai capaian pengayaan (catatan ini akan menjadi bahan deskripsi sebagai capaian "istimewa" (pengayaan). Artinya, pemilihan kata kerja operasional pada KD bukan untuk membatasi, melainkan rambu-rambu yang memperlihatkan tahapan tingkat kesulitan, pencapaianya boleh saja melewati, sepanjang kemampuan yang utama (menerapkan) dikuasai dengan baik
3. Setelah memahami cara mengembangkan IPK dari pasangan KD pengetahuan dan KD keterampilan seperti pada Gambar 2 di atas, lanjutkan dengan merancang pembelajaran dan penilaian seperti alur pada Gambar 3 berikut.
4. Setelah memahami modul 1 unit 1, kemudian memahami alur analisis kompetensi, alur merumuskan IPK, dan alur merancang pembelajaran dan penilaian, maka terapkan pemahaman tersebut (2 sampai dengan 3 orang dalam satu kelompok) memilih satu pasangan KD pengetahuan dan KD keterampilan, kemudian rumuskan IPK dari pasangan KD tersebut. Tentukan materi pokok dan materi pembelajaran pada pasangan KD/IPK tersebut, rancangkan pembelajaran dan penilaian yang sesuai. Hasil kerja tersebut digunakan untuk mengetahui keterkaitan dan keselarasanantarkomponen dan hasilnya dapat digunakan untuk melihat ketercapaian kompetensi, produk kerja Anda masukkan ke tabel berikut.
Hasil Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, IPK, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilaian.
ANALISIS DOKUMEN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN, KOMPETENSI INTI, KOMPETENSI DASAR, DAN SILABUS
Lembar Kerja (LK) 1.1 ini
akan memandu Anda melakukan analisis
keterkaitan delapan komponen
yaitu Standar
Kompetensi Lulusan/SKL, Kompetensi Inti/KI,
Kompetensi Dasar/KD, Indikator Pencapaian
Kompetenasi/IPK,
Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Penilaian, dan
Pelaporan. Khusus pelaporan
akan disajikan tersendiri pada LK 4 sehingga pada LK 1.1 ini Anda akan
mempelajari tujuh komponen. Tolok ukur ketercapaian SKL dilakukan melalui ketercapaian KI, tolok ukur ketercapaian KI dilakukan melalui
ketercapaian KD, sedangkan
tolok ukur ketercapaikan
KD dilakukan melalui katercapaian IPK.
Ketepatan dalam merumuskan
IPK akan mempengaruhi efektifitas proses pembelajaran dan
ketepatan
pemilihan alat penilaian. Analisis
kompetensi dilakukan
untuk melihat keterkaitan
dan keselarasan antarkomponen dimaksud dan hasilnya
digunakan
untuk melihat ketercapaian kompetensi. Untuk hal tersebut, maka lakukan
langkah-langkah analisis kompetensi sebagaimana pada Tabel 1.
Tabel 1. Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, IPK, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilaian Sebelum Anda mempraktikkan LK 1.1 untuk memproduk hasil kerja seperti pada Tabel 1 di atas, ikuti satu persatu instruksi kerja berikut.
1. Baca Modul 1 Unit 1 pahami alur analisis kompetensi yang melibatkan tujuh komponen kemudian padukan dengan penjelasan pada Gambar 1 berikut.
Gambar 1. Tahapan Analisis Kompetensi |
2. Pahami lebih detail komponen 4 dan 5 pada Gambar 1 dengan bantuan Gambar 2. Pada Gambar 2 tersebut memuat angka-angka yang menunjukkan urutan berpikir. Oleh karena itu Anda harus memahami penjelasan sesuai urutan angka pada Gambar 2 tersebut.
Gambar 2. Alur Mengembangkan IPK |
3. Setelah memahami cara mengembangkan IPK dari pasangan KD pengetahuan dan KD keterampilan seperti pada Gambar 2 di atas, lanjutkan dengan merancang pembelajaran dan penilaian seperti alur pada Gambar 3 berikut.
Gambar 3. Alur Merancang Pembelajaran dan Penilaian |
Hasil Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, IPK, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilaian.
Download File:
Assalamualaikum WrWb P, lai bs mntak tlng d krm k email atau k WA LK 1-4 nyo P. Wak cb download ndk pndai wak do P, wak pkai hp. Ko nmr WA nyo P 085274132333, terimakasih, wassalam.
BalasHapusKlw seandainyo d krm k email ko email wak P zetpiardi@gmail.com, mksh, sukses selalu, wassalam.
BalasHapusApa ada contoh lk-nya ya?
BalasHapusPosting Komentar
Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....
Salam Pak Pandani