PENGUMUMAN
NOMOR: 51/DYS-PKAT/01/2017
SELEKSI TERBUKA PENDAMPING SOSIAL
KOMUNITAS ADAT TERPENCIL PROFESIONAL
KEMENTERIAN SOSIAL REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2017
Dalam rangka mewujudkan semangat NAWACITA, khususnya untuk
membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan
desa dalam kerangka negara kesatuan, serta memastikan negara hadir untuk
melindungi bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara,
Menteri Sosial Republik Indonesia mengundang putra putri terbaik bangsa yang
memiliki jiwa petualang, cinta tanah air, setia kawan, kreatif dan inovatif yang telah
memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri pada Seleksi Terbuka
Pendamping Sosial Komunitas Adat Terpencil Profesional Tahun 2017
dengan ketentuan, jadwal, dan tahapan sebagai berikut :
A. PERSYARATAN UMUM
1. Warga Negara Republik Indonesia;
2. Berusia Maksimal 30 tahun pada 01 April 2017;
3. Belum menikah;
4. Pendidikan minimal Sarjana (S1)/Diploma IV di utamakan Jurusan
Kesejahteraan Sosial/Pekerjaan Sosial, IPK minimal 2.75;
5. Bersedia ditempatkan diseluruh lokasi pemberdayaan KAT
6. Sehat jasmani, rohani, dan Bebas Narkoba;
7. Mendapat persetujuan dari orang tua/wali;
8. Tidak dalam status tersangka kasus tindak pidana apapun oleh aparat penegak
hukum;
9. Tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi anggota partai politik;
10. Tidak terikat dengan pekerjaan tetap dan/atau tidak tetap lainnya.
10. Tidak terikat dengan pekerjaan tetap dan/atau tidak tetap lainnya.
B. PERSYARATAN KHUSUS
1. Memiliki komitmen dan dedikasi yang tinggi dalam pendampingan komunitas;
2. Memiliki pengetahuan yang baik tentang otonomi daerah, birokrasi
pemerintahan, pembangunan bidang kesejahteraan sosial, dan pemberdayaan
Komunitas Adat Terpencil (KAT);
3. Diutamakan yang memiliki pengalaman di bidang pendampingan sejenis
antara lain seperti relawan bencana, aktifis kemanusiaan dan sosial
kemasyarakatan lainnya;
4. Mampu melakukan koordinasi dan kerjasama;
5. Mampu membuat rencana kerja identifikasi dan menyusun prioritas masalah,
dan menetapkan target kerja;
6. Memiliki inisiatif dan kemampuan memecahkan masalah dengan melibatkan
potensi, sumber, dan pihak-pihak terkait di tingkat lokal, regional dan nasional;
7. Mampu mengoperasikan komputer dan diutamakan memiliki laptop yang
terkoneksi dengan internet;
8. Diutamakan Putra daerah (Lokasi KAT) yang berdomisili di wilayah DKI
Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah ,Jawa Timur dan Yogyakarta;
9. Bersedia ditempatkan dan tinggal pada salah satu lokasi pemberdayaan KAT
di seluruh wilayah tanah air selama 8 (delapan) bulan berturut-turut mulai
bulan April s.d November 2017.
C. TATA CARA PENDAFTARAN
1. Surat Lamaran dibuat dengan tulisan tangan pelamar dan bermaterai
Rp.6.000,- ditujukan kepada Ketua Panitia Seleksi Terbuka Pendamping Sosial
Komunitas Adat Terpencil Profesional Tahun 2017 dengan melampirkan
dokumen-dokumen sebagai berikut :
a. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
b. Fotocopy Ijazah minimal Sarjana (S-1)/Diploma IV yang telah dilegalisir;
c. Daftar Riwayat Hidup (DRH);
d. Fotocopy sertifikat pendidikan, pelatihan, kursus, penugasan dan
sejenisnya yang sesuai dan/atau berkaitan dengan tugas-tugas
pendampingan;
e. Surat Keterangan Sehat Jasmani, Rohani dan Bebas Narkoba terbaru dari
Rumah Sakit Pemerintah;
f. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari lembaga Kepolisian
setempat (asli dan masih berlaku);
g. Surat Pernyataan Persetujuan Orang Tua / Wali, bermaterai Rp.6.000,-;
h. Pas photo berwarna ukuran 4x6 sebanyak 3 lembar;
2. Berkas Lamaran dapat diantar langsung atau melalui pos, sudah harus diterima
Panitia Seleksi paling lambat tanggal 16 Februari 2017 (Cap Pos) pukul 16.00
WIB dalam satu amplop tertutup yang ditujukan kepada :
D. JADWAL SELEKSI
1. Pengumuman Seleksi Terbuka, 20 Januari 2017 melalui website
www.kemsos.go.id;
2. Pendaftaran/Seleksi Berkas Lamaran, 23 Januari s.d 16 Februari 2017 di
Direktorat Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil Ditjen Pemberdayaan
Sosial Kementerian Sosial Jalan Salemba Raya No. 28 Jakarta Pusat;
3. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi, 22 Februari 2017 melalui website
www.kemsos.go.id
4. Test Kemampuan Dasar (TKD) dan Essay, 27 Februari 2017 Pukul 08.00 di
Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial Jalan Salemba Raya No. 28
Jakarta Pusat;
5. Pengumuman Hasil Test Kemampuan Dasar (TKD) dan Essay, 2 Maret 2017
melalui website Kemensos;
6. Test Wawancara, 6 dan 7 Maret 2017 di Hotel (akan disampaikan kemudian);
7. Pengumuman Hasil Akhir 10 Maret 2017 melalui website www.kemsos.go.id.
E. TAHAPAN SELEKSI
1. Seleksi Tahap Pertama : Seleksi Administrasi
a. Panitia Seleksi melakukan verifikasi terhadap seluruh berkas admistrasi
sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan;
b. Selanjutnya Panitia Seleksi menetapkan calon peserta yang memenuhi
persyaratan administrasi untuk mengikuti seleksi berikutnya.
2. Seleksi Tahap Kedua : Test Kemampuan Dasar dan Essay
a. Penilaian menggunakan metode Test Kemampuan Dasar dan penulisan
kertas kerja dengan tema yang akan ditetapkan pada saat pelaksanaan tes;
b. Peserta lulus seleksi tahap kedua akan dipanggil mengikuti seleksi tahap
ketiga.
3. Seleksi Tahap Ketiga : Wawancara.
F. KETENTUAN LAIN-LAIN
1. Dokumen/berkas administrasi yang akan diproses adalah berkas yang lengkap
sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan;
2. Apabila diketahui pelamar memberikan data/keterangan tidak benar, maka
Panitia Seleksi berhak menggugurkan peserta yang bersangkutan;
3. Dalam seleksi ini tidak dikenakan biaya atau pungutan dalam bentuk apapun;
4. Seluruh biaya akomodasi, transport, kelengkapan administrasi, dan biaya
pribadi yang dikeluarkan oleh peserta selama proses seleksi ditanggung oleh
peserta;
5. Seluruh dokumen administrasi yang disampaikan menjadi hak milik dari
Panitia Seleksi;
6. Keputusan Panitia Seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Jakarta, 20 Januari 2017
KETUA PANITIA SELEKSI
ttd.
Sulis Budi Pramono
Posting Komentar
Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....
Salam Pak Pandani