MenPAN-RB: Mulai Tahun ini, Soal-Soal yang Menjebak dalam Tes TKD CPNS Dihapuskan


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur memastikan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 akan menggunakan sistem online.

Sistem online ini digunakan mulai pendaftaran hingga tes dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Namun ada hal baru dalam tes kompetensi dasar (TKD) tahun ini.

Bila sebelumnya peserta dihadapkan dengan soal-soal menjebak, tahun ini tidak ada lagi. Menurut Menteri Asman, soal seperti itu tidak layak lagi untuk diujikan kepada peserta.

“Tahun ini enggak boleh lagi ada soal-soal yang menjebak. Orang sepintar apa pun kalau diberi soal menjebak pasti salah," kata Menteri Asman, Jumat (16/3).

Sebagaimana diketahui, seperti tahun-tahun sebelumnya soal-soal CPNS disusun oleh konsorsium perguruan tinggi. Tingkat kesulitannya disesuaikan dengan wilayah yang akan diujikan.

Menteri Asman mengungkapkan, sudah meminta kepada Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) agar soal-soal CPNS tahun ini tidak lagi menjebak.

"Sampai saat ini sudah ada 15 ribu soal baru yang masuk dalam bank soal. Soal-soal ini tidak ada unsur menjebaknya. Jadi akan memudahkan peserta tes," tandasnya.

Diketahui, rencananya, tes CPNS dimulai Juni hingga Juli mendatang. Sementara pengumuman dilaksanakan Mei.

Sumber: https://www.jawapos.com/read/2018/03/16/196535/ini-bocoran-penting-soal-tes-cpns-dari-menteri-asman

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama