Andi sering merasa lesu, lemah, dan pada saat terluka darahnya sulit membeku. Kemungkinan penyakit yang diderita Andi adalah....

Pembahasan Soal UN Biologi SMA Paket 3 Soal No 1-40 Tahun Pelajaran 2016/2017

Soal nomor 13:

Andi sering merasa lesu, lemah, dan pada saat terluka darahnya sulit membeku. Kemungkinan penyakit yang diderita Andi adalah....
A. varises
B. sklerosis
C. leukimia
D. hipertensi
E. hemofilia

Jawaban:

E. hemofilia

Pembahasan: 

A. varises adalah pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang biasanya terjadi pada bagian kaki akibat penumpukan darah. Orang-orang yang menderita penyakit ini, pembuluh vena mereka juga dapat terlihat menonjol keluar berwarna biru atau ungu tua.

B. sklerosis adalah penyakit yang diakibatkan oleh pengerasan atau penebalan pembuluh nadi. Pengerasan nadi menimbulkan gangguan kelancaran aliran darah. Sklerosis dapat terjadi karena terbentuknya endapan lemak yang disebut atherosklerosis.

C. leukimia adalah kanker yang menyerang sel-sel darah putih. Sel darah putih merupakan sel darah yang berfungsi melindungi tubuh terhadap benda asing atau penyakit. Sel darah putih ini dihasilkan oleh sumsum tulang belakang.

D. hipertensi nama lain dari tekanan darah tinggi. Tekanan darah itu sendiri adalah kekuatan aliran darah dari jantung yang mendorong dinding pembuluh darah (arteri).


E. Hemofilia adalah suatu penyakit yang menyebabkan gangguan perdarahan karena kekurangan faktor pembekuan darah. Akibatnya, perdarahan berlangsung lebih lama saat tubuh mengalami luka.


Baca juga: 

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama