Monyet sulawesi, Macaca brunnescen yang hidup di pulau Muna dan pulau buton berbeda dari monyet Macaca ochreata yang hidup di sulawesi tenggara.

Soal:

Monyet sulawesi, Macaca brunnescen yang hidup di pulau Muna dan pulau buton berbeda dari monyet Macaca ochreata yang hidup di sulawesi tenggara. Pada masa lalu kedua populasi tersebut berasal dari satu populasi, akan tetapi karena terpisah dan hidup didaerah yang berlainan mengakibatkan keanekaragaman yang terbawa dari populasi yang terpisah ini berdampak pada perbedaan frekuensi alelnya. Oleh karena kedua daera berbeda dalam banyak hal, seleksi alam yang  bekerja pada masing-masing area akan berbeda sehingga dalam kurun waktu yang lama menyebabkan perbedaan mencolok diantara dua populasi tersebut.

Penjelasan yang paling baik tentang faktor penyebab munculnya spesies baru dari deskripsi tersebut adalah....
A. isolasi geografi menyebabkan terpisahnya populasi makhluk hidup dari populasi awal di suatu daerah sehingga makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda, mengalami seleksi alam, dan perubahan lingkungan.
B. rekombinasi mengakibatkan makhluk hidup dalam seatu populasi melakukan perkawinan sehingga terjadi penggabungan gen dari 2 induvidu dan dapat memunculkan spesies yang berbeda dari nenek moyangnya akibat rekombinasi gen
C. isolasi reproduksi menyebabkan terpisahnya dua populasi dengan jarah yang jauh dan mempengaruhi terjadinya pembuahan dalam rangka perkembangbiakan yang berdampak pada pelestarian populasi tersebut
D. terjadi mutasi alami baik kromosom maupun mutasi gen pada populasi berjauhan sehingga terbentuk populasi yang berbeda dari populasi asalnya.
E. akibat persilangan/perkawinan gen-gen yang diwariskan pada keturunan berbeda dengan induknya lambat laun terbentuk spesies baru.


Jawaban:

A. isolasi geografi menyebabkan terpisahnya populasi makhluk hidup dari populasi awal di suatu daerah sehingga makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda, mengalami seleksi alam, dan perubahan lingkungan.


Pembahasan:


ISOLASI GEOGRAFI
  • Spesiasi disebabkan oleh adanya pemisahan geografis. Isolasi geografis adalah terpisahnya satu spesies yang sama oleh suatu keadaan geopgrafis menjadi dua atau lebih kelompok populasi. Adanya isolasi geografis menyebabkan peristiwa Allopatrik yaitu adanya isolasi geografis menyebabkan munculnya spesies baru

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama