Loading...


Selamat Tahun Pelajaran baru 2019/2020. Selamat Belajar dan Terima kasih sudah mengunjungi Blog Pak Pandani. Salam Belajar dan Berbagi

Insulin manusia tersusun dari dua rantai protein, yaitu rantai A dan rantai B. Pada proses pembuatan insulin, sintesis urutan basa dalam molekul DNA yang mengkode masing-masing rantai dibuat dalam tabung reaksi dengan menggunakan struktur yang sudah diketahui dari insulin.

   
Loading...
       
Soal:

Insulin manusia tersusun dari dua rantai protein, yaitu rantai A dan rantai B. Pada proses pembuatan insulin, sintesis urutan basa dalam molekul DNA yang mengkode masing-masing rantai dibuat dalam tabung reaksi dengan menggunakan struktur yang sudah diketahui dari insulin. Tiap molekul DNA selanjutnya dihubungkan dengan gen bakteri yang akan mengkode enzim  β-galaktosidase sehingga membentuk gen hybrid. Bila gen-gen ini secara terpisah dimasukkan ke dalam sel-sel bakteri, tiap gen hybrid akan menunjukkan ekspresinya dan bakteri membuat hybrid protein β-galaktosidase – insulin A atau B. Selanjutnya protein hybrid dipisahkan dari protein bakteri lainnya dan rantai insulin dibebaskan dengan perlakuan kimia. Dua rantai peptida  tersebut kemudian bersatu dan terbentuklah insulin manusia yang aktif.

Dari proses pembuatan insulin sintetis tersebut dapat disimpulkan bahwa .…
A.  peran bakteri adalah membentuk protein hybrid yang dapat menghasilkan insulin manusia aktif
B.  pembuatan insulin sintetis tersebut menggunakan teknik pencangkokan gen
C.  untuk menghasilkan insulin manusia aktif perlu penyatuan dua rantai protein A dan B
D.  β-galaktosidase adalah enzim yang dikodekan dari gen bakteri untuk membentuk gen hybrid
E.   insulin sintetis dibentuk dari protein A dan B yang merupakan penyusun insulin manusia



Jawaban:

A.  peran bakteri adalah membentuk protein hybrid yang dapat menghasilkan insulin manusia aktif


Pembahasan:

insulin

Insulin adalah suatu hormon polipetida yang diproduksi dalam sel-sel β kelenjar Langerhaens pankreas. Insulin berperan penting dalam regulasi kadar gula darah (kadar gula darah dijaga 3,5-8,0 mmol/liter). Hormon insulin yang diproduksi oleh tubuh kita dikenal juga sebagai sebutan insulin endogen. Namun, ketika kalenjar pankreas mengalami gangguan sekresi guna memproduksi hormon insulin, disaat inilah tubuh membutuhkan hormon insulin dari luar tubuh, dapat berupa obat buatan manusia atau dikenal juga sebagai sebutan insulin eksogen. Kekurangan insulin dapat menyebabkan penyakit seperti diabetes mellitus tergantung insulin (diabetes tipe 1). Insulin terdiri dari 51 asam amino. Molekul insulin disusun oleh 2 rantai polipeptida A dan B yang dihubungkan dengan ikatan disulfida. Rantai A terdiri dari 21 asam amino dan rantai B terdiri dari 30 asam amino.

Produk hormon insulin manusia dapat dihasilkan dari teknik rekayasa genetika dengan teknologi Plasmid. Insulin adalah hormon yang berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah. Hormon ini sangat diperlukan oleh penderita diabetes mellitus karena kelenjar pankreas penderita tidak mampu menghsilkan hormone tersebut. Hormon insulin berfungsi untuk mengubah glukosa dalam darah menjadi glikogen.


Lihat selengkapnya:
   
Loading...
   

0 Response to " Insulin manusia tersusun dari dua rantai protein, yaitu rantai A dan rantai B. Pada proses pembuatan insulin, sintesis urutan basa dalam molekul DNA yang mengkode masing-masing rantai dibuat dalam tabung reaksi dengan menggunakan struktur yang sudah diketahui dari insulin. "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani