Loading...


Selamat Tahun Pelajaran baru 2019/2020. Selamat Belajar dan Terima kasih sudah mengunjungi Blog Pak Pandani. Salam Belajar dan Berbagi

Mengapa ibu yang sedang hamil tidak mengalami menstruasi?

   
Loading...
       

Soal Uji Kompetensi Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI (Penerbit Erlangga) Halaman 430-433:

Soal Uraian:

Mengapa ibu yang sedang hamil tidak mengalami menstruasi?

Jawaban:

Karena saat terjadi implantasi embrio (sel telur yang sudah dibuahi) di dinding rahim atau endometrium, ovarium menghentikan produksi ovum sampai terjadi kelahiran dan mengaktifkan hormon progesteron untuk memelihara dinding rahim sebagai pendukung untuk perkembangan janin. sebaliknya, jika tidak terjadi pembuahan/fertilisasi, hormon progesteron menghentikan perannya untuk sementara ketika ovum yang belum dibuahi sampai di uterus, dan dinding rahim luruh bersama ovum yang mati.

Jawaban lainnya:

Umumnya, proses menstruasi terjadi ketika lapisan tebal dan kaya akan kandungan darah yang dipersiapkan untuk sel telur, dilepas oleh tubuh. Lapisan tebal ini biasa disebut dengan endometrium atau lapisan rahim.

Pelepasan sendiri dilakukan saat sel telur tidak dibuahi oleh sperma. Jika terjadi pembuahan atau dengan kata lain terjadi kehamilan, maka lapisan darah akan dipertahankan guna mendukung pertumbuhan janin.


   
Loading...
   

0 Response to " Mengapa ibu yang sedang hamil tidak mengalami menstruasi? "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani