Loading...


Selamat Tahun Pelajaran baru 2019/2020. Selamat Menempuh Ujian TBS, Try Out UNBK, Simulasi UNBK, UTS, Ujian Semester dan UNBK/UNKP. Terima kasih sudah mengunjungi Blog Pak Pandani. Salam Belajar dan Berbagi

Data hasil perkecambahan biji kacang hijau pada dua tempat yang berbeda! Percobaan dilanjutkan hingga hari ke 20, dengan menukar perlakuan, kecambah (I) diletakan di tempat terang dan kecambah (II) diletakan di tempat gelap. Bagaimana kemungkinan pertambahan tinggi kecambah (II) pada hari ke 20?

   
Loading...
       
Pembahasan Soal UNKP Mata Pelajaran Biologi SMA Tahun Pelajaran 2018/2019.

Indikator Yang Diuji:
  • Memprediksi hasil percobaan/pengamatan apabila diberi perlakuan/kondisi yang berbeda dari percobaan tentang faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan.

Persentase Penguasaan Materi Secara Nasional:
  • 71,38%

Nomor Soal: 21

Data hasil perkecambahan biji kacang hijau pada dua tempat yang berbeda!


Percobaan dilanjutkan hingga hari ke 20, dengan menukar perlakuan, kecambah (I) diletakan di tempat terang dan kecambah (II) diletakan di tempat gelap. Bagaimana kemungkinan pertambahan tinggi kecambah (II) pada hari ke 20?
A. Pertumbuhan terganggu
B. Peningkatan pertambahan tinggi
C. Tidak terjadi pertambahan tinggi
D. Kecambah menjadi kerdil
E. Kecambah mati


Jawaban:

B. Peningkatan pertambahan tinggi


Pembahasan:

Tanaman yang diletakkan ditempat gelap dapat tumbuh dengan cepat karena disebabkan oleh adanya aktivitas hormon auksin yang lebih besar dibandingkan pada tempat yang terang. Aktivitas hormon auksin dipengaruhi oleh intensitas cahaya matahari. Semakin sedikit cahaya matahari maka aktivitas hormon auksin akan semakin besar, dan sebaliknya semakin banyak cahaya matahari maka aktivitas hormon auksin akan semakin sedikit. Hal ini disebabkan karena cahaya matahari dapat merusak hormon auksin. Hormon auksin berfungsi untuk memacu pemanjangan sel. Jadi semakin banyak aktivitas hormon auksin maka pertumbuhan tanaman akan semakin cepat dan sebaliknya. Hal inilah yang menyebabkan pertumbuhan tanaman yang ditempatkan di daerah gelap lebih cepat dibandingkan di daerah terang.
   
Loading...
   

0 Response to " Data hasil perkecambahan biji kacang hijau pada dua tempat yang berbeda! Percobaan dilanjutkan hingga hari ke 20, dengan menukar perlakuan, kecambah (I) diletakan di tempat terang dan kecambah (II) diletakan di tempat gelap. Bagaimana kemungkinan pertambahan tinggi kecambah (II) pada hari ke 20? "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani