Loading...


UJIAN NASIONAL sebentar lagi, mari persiapkan dirimu supaya Sukses di UN 2020 dengan membahas soal-soal latihan berikut. LATIHAN SOAL UN 2019/2020. Semoga berhasil ! Salam Belajar dan Berbagi

Simaklah artikel berikut! Hong kong - Penelitian menunjukkan bahwa kerusakan keanekaragaman hayati di daerah tropis bahkan bisa lebih buruk daripada yang diperkirakan jika kita tidak serius menyelesaikan masalah lingkungan di sana.

   
Loading...
       
Soal:

Simaklah artikel berikut!

Hong kong - Penelitian menunjukkan bahwa kerusakan keanekaragaman hayati di daerah tropis bahkan bisa lebih buruk daripada yang diperkirakan jika kita tidak serius menyelesaikan masalah lingkungan di sana.

Sebuah tim peneliti internasional menginventarisasi keanekaragaman hayati di daerah tropis termasuk juga hutan, padang rumput, wilayah air tawar dan garis pantai.

Hasilnya: meski wilayah tropis hanya mencakup sekitar 40 persen dari permukaan bumi, ini adalah tempat hidup bagi 78 persen spesies tumbuhan dan hewan, termasuk amfibi, mamalia darat, ikan, semut dan tanaman berbunga di dunia.

Peran daerah tropis bahkan lebih penting lagi bagi burung, karena 91 persen burung terestrial hidup di zona yang hangat dan lembab. Burung jenis lainnya juga mampir dan mengunjungi wilayah tropis dalam migrasi tahunan mereka.

Selain itu, daerah tropis juga adalah rumah dari hampir semua karang di perairan dangkal.

Sebagian besar spesies tropis tidak ditemukan di tempat lain, dan peneliti memperkirakan bahwa setidaknya ada 150.000 spesies yang belum diketahui para ilmuwan.

"Dengan kecepatan mendeskripsi spesies seperti saat ini, yaitu sekitar 20.000 spesies baru per tahun, diperkirakan setidaknya butuh 300 tahun untuk merampungkan katalog keanekaragaman hayati," kata Benoit Guénard, asisten profesor Universitas Hong Kong, dalam sebuah rilis pers terkait penelitian ini. Sementara ekosistem terus berubah.

Dari artikel tersebut, dampak apa yang akan terjadi terhadap keanekaragaman hayati dengan rusaknya lingkungan baik di darat maupun di perairan.

A. Terumbu karang akhirnya akan digantikan oleh alga dan spons. hutan tropis terbakar dan dapat menyebabkan lahannya berganti menjadi vegetasi rumput atau gurun. Keanekaragaman spesies akan bertambah dengan adanya penemuan spesies baru.
B. wilayah tropis yang mencakup 40 persen masih bisa bertahan dengan dihuni berbagai spesies yang masih akan terus bertambah. Hutan tropis terbakar dan dapat menyebabkan lahannya berganti menjadi vegetasi rumput datau gurun
C. Akan terjadi perubahan iklim. Terumbu karang akhirnya akan digantikan oleh alga dan spons. hutan tropis terbakar dan dapat menyebabkan lahnya berganti menjadi rumput atau gurun. Keanekaragaman spesies juga akan menurun. bahkan untuk spesies yang belum diidentifikasikan sekalipun
D. Wilayah tropis yang mencakup 40 persen masih bisa bertahan dengan dihuni berbagai spesies yang masih terus bertambah. Terumbu karang akhirnya akan digantikan oleh laga dan spons. Spesies hewan dan tumbuhan akan saling berkompetisi.

E. Terumbu karang akhirnya akan digantikan oleh alga dan spons. Spesies hewan dan tumbuhan akan saling berkompetisi. Hutan tropis terbakar dan dapat menyebabkan lahannya berganti menjadi vegetasi rumput atau gurun.


Jawaban:

Picture alince / wildlife

C. Akan terjadi perubahan iklim. Terumbu karang akhirnya akan digantikan oleh alga dan spons. hutan tropis terbakar dan dapat menyebabkan lahnya berganti menjadi rumput atau gurun. Keanekaragaman spesies juga akan menurun. bahkan untuk spesies yang belum diidentifikasikan sekalipun


Pembahasan:

Sudah jelas sesuai dengan wacana.


   
Loading...
   

0 Response to " Simaklah artikel berikut! Hong kong - Penelitian menunjukkan bahwa kerusakan keanekaragaman hayati di daerah tropis bahkan bisa lebih buruk daripada yang diperkirakan jika kita tidak serius menyelesaikan masalah lingkungan di sana. "

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani