Berikut adalah gambaran siklus unsur belerang di dalam sebuah ekosistem. Peran bagian yang bertanda X pada daur sulfur tersebut adalah ....

Soal:

Berikut adalah gambaran siklus unsur belerang di dalam sebuah ekosistem.


Peran bagian yang bertanda X pada daur sulfur tersebut adalah ....
A. membantu penyediaan unsur sulfur anorganik melalui proses dekomposisi
B. melepaskan sulfur ke atmosfer dalam bentuk gas belerang
C. melepaskan sulfur ke dalam tanah dalam bentuk organik
D. membantu proses penyerapan sulfur organik oleh tumbuhan dari tanah
E. menguraikan sulfur anorganik menjadi sulfur organik dalam keadaan bebas


Jawaban:

A. membantu penyediaan unsur sulfur anorganik melalui proses dekomposisi

Pembahasan:


Sulfur dapat diserap oleh tumbuhan dalam bentuk sulfat. Sulfur diperlukan dalam sintesis senyawa protein. Sulfat dalam tanah diserap oleh tumbuhan, selanjutnya digunakan untuk sintesis protein. Melalui rantai makanan sulfur berpindah ke konsumen. 

Jika organisme mati, senyawa sulfur dalam organisme akan terurai secara aerob membentuk sulfat kembali, dan bila penguraian berlangsung secara anaerob menghasilkan gas sulfur dan sulfida. Gas sulfur dan sulfida juga berasal dari hasil reduksi senyawa sulfat secara anaerob oleh bakteri pereduksi sulfur. Oleh bakteri sulfur, gas sulfur dan sulfida di udara dioksidasi menghasilkan sulfur, selanjutnya sulfur dioksidasi lagi membentuk sulfat dalam tanah.

Belum ada Komentar untuk "Berikut adalah gambaran siklus unsur belerang di dalam sebuah ekosistem. Peran bagian yang bertanda X pada daur sulfur tersebut adalah ...."

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

SAHABAT PAK PANDANI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel