Pengertian Segitiga Restitusi

Tujuan Pembelajaran Khusus:
  1. Calon Guru Penggerak memahami restitusi sebagai salah satu caramenanamkan disiplin positif pada murid sebagai bagian dari budaya positif di sekolah.
  2. Calon Guru Penggerak dapat menerapkan restitusi dalam membimbingmurid berdisiplin positif agar menjadi murid merdeka.
  3. CGP bersikap reflektif, kritis, kreatif, dan terbuka.
Pertanyaan Pemantik 

Bapak Ibu calon guru penggerak, apa yang akan Anda lakukan bila,  
  • Dalam sebuah acara pesta ulang tahun, teman Anda memecahkan gelas. Apakah Anda akan membiarkan dia membayar harga gelas yang dipecahkannya? 
  • Anda sudah janji bertemu dengan teman Anda, namun ternyata dia juga memiliki janji penting bertemu orang lain di tempat lain, dan Anda terpaksa naik taksi untuk menemui teman Anda di tempat itu, apakah Anda akan meminta teman Anda membayar biaya taksi Anda menuju ke tempat tersebut? 
  • Pegawai Anda membuat kesalahan yang menyebabkan kerugian finansial pada perusahaan, pegawai tersebut menawarkan untuk bekerja lembur tanpa bayaran, apakah Anda sebagai pemilik perusahaan akan menerimanya? 
Eksplorasi Mandiri 

Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak,  Bila ada seseorang berbuat salah pada Anda, ketika mereka menawarkan sebuah tindakan untuk memperbaiki kesalahan mereka,  kemungkinan besar, jawaban Anda adalah akan menolak semua tawaran itu, dan akan bilang, tidak usah, tidak apa-apa. Lupakan saja.  
 
Kebiasaan kita selama ini, bila ada orang yang berlaku salah pada kita adalah langsung memaafkan, atau membuat mereka  tidak nyaman. Kita cenderung untuk berfokus pada kesalahan daripada mencari cara bagi mereka untuk memperbaiki diri. Kita lebih fokus pada bagaimana cara mereka membayar ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kesalahan mereka daripada mengembalikan harga diri mereka. Membuat kondisi menjadi impas, menjadi lebih penting daripada membuat situasi menjadi benar.  

Bapak Ibu guru penggerak, 

Sebagai seorang guru, ketika murid Anda melakukan kesalahan, tindakan mana yang akan Anda lakukan? 
  • Anda menunjukkan kesalahannya dan memintanya melihat kesalahannya baik-baik? 
  • Anda mengatakan, “Kamu seharusnya tahu bagaimana kamu seharusnya bertindak”. 
  • Anda mengingatkan murid Anda akan kesalahannya yang sama di waktu sebelumnya. 
  • Anda akan bertanya padanya, “Kenapa kamu melakukan sesuatu yang seharusnya tidak kamu lakukan?”. 
  • Anda akan mengkritik dia dan mendiamkannya? 

Kalau Anda melakukan tindakan-tindakan di atas, mungkin Anda akan membuat murid Anda merasa menjadi anak yang gagal. 
 
Pertanyaannya sekarang, bagaimana kita sebaiknya respon kita bila ada murid kita melakukan kesalahan? Mari kita baca artikel ini: 

Restitusi 
Sebuah Cara Menanamkan disiplin positif Pada Murid  

Restitusi adalah proses menciptakan kondisi bagi murid untuk memperbaiki kesalahan mereka, sehingga mereka bisa kembali pada kelompok mereka, dengan karakter yang lebih kuat (Gossen; 2004)  
 
Restitusi juga adalah proses kolaboratif yang mengajarkan murid untuk mencari solusi untuk masalah, dan membantu murid berpikir tentang orang seperti apa  yang mereka inginkan, dan bagaimana mereka harus memperlakukan orang lain (Chelsom Gossen, 1996).  
 
Restitusi membantu murid menjadi lebih memiliki tujuan, disiplin positif, dan memulihkan dirinya setelah berbuat salah. Penekanannya bukanlah pada bagaimana berperilaku untuk menyenangkan orang lain atau menghindari ketidaknyamanan, namun tujuannya adalah menjadi orang yang menghargai nilai-nilai kebajikan yang mereka percayai.  Sebelumnya kita telah belajar tentang teori kontrol bahwa pada dasarnya, kita memiliki motivasi intrinsik.   
 
Melalui restitusi, ketika murid berbuat salah, guru akan menanggapi dengan cara yang memungkinkan murid untuk membuat evaluasi internal tentang apa yang dapat mereka lakukan untuk memperbaiki kesalahan mereka dan mendapatkan kembali harga dirinya. Restitusi menguntungkan korban,tetapi juga menguntungkan orang yang telah berbuat salah. Ini sesuai  dengan prinsip dari teori kontrol William Glasser tentang solusi menang-menang. 
 
Ada peluang luar biasa bagi murid untuk bertumbuh ketika mereka melakukan kesalahan, bukankah pada hakikatnya begitulah cara kita belajar.  Murid perlu bertanggung jawab atas perilaku yang mereka pilih, namun mereka juga dapat memilih untuk belajar dari pengalaman dan membuat pilihan yang lebih baik di waktu yang akan datang. Ketika guru memecahkan masalah perilaku mereka, murid akan kehilangan kesempatan untuk mempelajari keterampilan yang berharga untuk hidup mereka.

Di bawah ini adalah ciri-ciri restitusi yang membedakannya dengan program disiplin lainnya. 
  • Restitusi bukan untuk menebus kesalahan, namun untuk belajar dari kesalahan  
Dalam restitusi, ketika murid berbuat salah, guru tidak mengarahkan untuk menebus  kesalahan dengan membayar sejumlah uang, memperbaiki kerugian yang timbul, atau sekedar meminta maaf. Karena 
kalau fokusnya kesana, maka murid yang berbuat salah akan fokus pada tindakan untuk menebus kesalahan dan menghindari ketidaknyamanan, yang bersifat eksternal,  bukannya pada upaya perbaikan diri, yang lebih bersifat internal. Biasanya setelah menebus kesalahan, orang yang berbuat salah akan merasa sudah selesai dengan situasi itu sehingga merasa lega, dan seolah-olah kesalahan tidak pernah terjadi.  
 
Terkadang bisa juga muncul perasaan ingin balas dendam, bila orang yang berbuat salah sebetulnya merasa tidak rela harus melakukan sesuatu untuk menebus kesalahannya. Kalau tindakan untuk menebus kesalahan dipahami sebagai hukuman, maka mungkin mereka berpikir untuk membuat situasinya menjadi impas.  Pembalasan seperti ini akan berdampak jangka panjang karena konfliknya akan tetap ada. Menebus kesalahan itu tidak salah, namun biasanya tidak membuat kita menjadi pribadi yang lebih kuat. 

Restitusi sebenarnya juga meliputi usaha untuk menebus kesalahan, tetapi sebaiknya merupakan inisiatif dari murid yang melakukan kesalahan. Proses pemulihan akan terjadi bila ada keinginan dari muridyang berbuat salah untuk melakukan sesuatu yang menunjukkan rasa penyesalannya. Fokusnya tidak hanya pada mengurangi kerugian pada korban, tapi juga bagaimana menjadi orang yang lebih baik dan melakukan hal baik pada orang lain dengan kebaikan yang ada dalamdiri kita.  Ketika murid belajar dari kesalahan untuk menjadi lebih baik untuk masadepan, mereka akan mendapatkan pelajaran yang mereka bisa pakaiterus menerus di masa depan untuk menjadi orang yang lebih baik. 

Restitusi memperbaiki hubungan 

Restitusi adalah tentang memperbaiki hubungan dan memperkuatnyaRestitusi juga membantu murid-murid dalam hal mereka ingin menjadiorang seperti apa dan bagaimana mereka ingin diperlakukan. Restitusiadalah proses refleksi dan pemulihan. Proses ini menciptakan kondisi 
yang aman bagi murid untuk menjadi jujur pada diri mereka sendiri dan mengevaluasi dampak dari tindakan mereka pada orang lain. Ketika proses pemulihan dan evaluasi diri telah selesai, mereka bisa mulai berpikir tentang apa yang bisa dilakukan untuk menebus kesalahan mereka pada orang yang menjadi korban.  

Restitusi adalah tawaran, bukan paksaan 

Restitusi yang dipaksa bukanlah restitusi yang sebenarnya, tapi konsekuensi. Bila guru memaksa proses restitusi, maka murid akan bertanya, apa yang akan terjadi kalau saya tidak melakukannya. Misalnya mereka sebenarnya tidak suka konsekuensi yang guru sarankan, mereka  mungkin akan setuju dan akan melakukannya, tapi karena mereka menghindari ketidaknyamanan atau menghindari kehilangan kebebasan atau diasingkan dari kelompok. Mereka akan percaya kalau mereka menyakiti orang, maka mereka juga tersakiti, maka mereka pikir itu impas. Seorang anak yang memukul temannya 
akan mengatakan, “Kamu boleh pukul aku balik, biar impas”. Memaksamelakukan restitusi bertentangan dengan perkembangan moral, yaitu kebebasan untuk membuat pilihan. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk menciptakan kondisi yang membuat murid bersedia menyelesaikan masalah dan berbuat lebih baik lagi, dengan berkata, “Tidak apa-apa kok berbuat salah itu manusiawi. Semua orang pasti pernah berbuat salah”.  Pembicaraan ini bersifat tawaran, bukan paksaan, bukan mengatakan, “Kamu harus lakukan ini, kalau tidak maka…” 

Restitusi menuntun untuk melihat ke dalam diri 

Dalam proses restitusi kita akan melihat adanya ketidakselarasan antara tindakan murid yang berbuat salah dan keyakinan mereka tentang orang seperti apa yang mereka inginkan. Untuk membimbing proses pemulihan diri, guru bisa bertanya pada mereka: 
•  Kamu ingin menjadi orang seperti apa? 
•  Kamu akan terlihat, terdengar, dan terasa seperti apa kalau kamu sudah menjadi orang yang seperti itu? 
•  Apa yang kamu percaya tentang bagaimana orang harus memperlakukan orang lain? 
•  Bagaimana kamu mau diperlakukan ketika kamu berbuat salah? 
•  Apa nilai yang diajarkan di keluargamu tentang hal ini? Apakah kamu memegang nilai ini? 
•  Kalau tidak, lalu apa yang kamu percaya? 
 
Kita tidak ingin menciptakan rasa bersalah pada diri anak dengan bertanya seperti itu. Kalau guru melihat rasa bersalah di wajah murid, maka guru harus cepat-cepat mengatakan, “Tidak apa-apa kok berbuat salah”. 
 
Ketika murid sudah dibimbing untuk mengeksplorasi orang seperti apa yang mereka inginkan, guru bisa mulai bertanya tentang kejadiannya,  seberapa sering hal ini terjadi,  apa yang ia lakukan, ia berada di mana.  Murid tidak akan berbohong pada guru. 

Restitusi mencari kebutuhan dasar yang mendasari tindakan 

Untuk berpindah dari evaluasi diri ke restitusi diri, penting bagi murid untuk memahami dampak dari tindakannya pada orang lain.   Kalau murid paham bahwa setiap orang memiliki kebutuhan dasar untuk dipenuhi, halini akan sangat membantu, sehingga ketika murid melakukan kesalahan, mereka akan menyadari kebutuhan apa yang sedang mereka coba penuhi, demikian juga kebutuhan orang lain.  
 
Untuk membantu murid mengenali kebutuhan dasarnya, guru bisa memintamereka mengenali perasaan mereka. Perasaan sedih dan kesepian menunjukkan adanya kebutuhan cinta dan kasih sayang yang tidak terpenuhi. Perasaan dipaksa, atau terlalu banyak beban, menunjukkan kurangnya kebutuhan akan kebebasan.   Perasaan takut akan  kelelahan,kelaparan, menunjukkan pada kita kalau kita merasa tidak aman. Perasaanbosan menunjukkan kurang terpenuhinya kebutuhan akan  kesenangan.  

Restitusi diri adalah cara yang paling baik  

Dalam restitusi diri murid belajar untuk mengubah kebiasaan  dari kecenderungan untuk mengomentari orang lain,  menjadi mengomentari diri sendiri. Dr. William Glasser menyatakan, orang yang bahagia akan mengevaluasi diri sendiri, orang yang tidak bahagia akan mengevaluasi orang lain

3 Tahap Evaluasi Diri: 

1.  Saya tidak suka cara saya berbicara padamu 
2.  Kesalahan yang saya lakukan adalah  
  • Saya sebenarnya punya informasi yang kamu butuhkan 
  • Saya lelah dan saya bicara terlalu cepat 
  • Saya tidak jelas menyampaikan apa yang saya inginkan 
  • Pemahaman saya berbeda dengan pemahamanmu 
3.  Besok lagi saya akan  
  • Menyampaikan informasi yang saya punya dan kamu butuhkan
  • Saya akan bicara lebih lambat 
  • Saya akan bicara lebih jelas tentang keinginan saya 
  • Menyampaikan pemahaman saya padamu 

Ketika murid bisa melakukan restitusi diri  maka dia akan bisa mengontrol dirinya dengan lebih baik dengan tujuan yang lebih baik pula.  
 
Ketika Anda berhadapan dengan orang lain, dan melakukan evaluasi diri, maka 9 dari 10 orang yang diajak bicara juga akan melakukan evaluasi diri juga. Mungkin akan ada 1 dari 10 orang yang diajak bicara, justru akan menggunakan kesempatan itu untuk menghukum Anda. Kalau ini terjadi, tanyakan saja, apakah Anda mau menggunakan kesempatan ini untuk menjelek-jelekkan saya atau Anda mau membuat situasi ini menjadi  lebih baik.  Anda mau ke arah mana? 

Restitusi fokus pada karakter bukan tindakan  

Dalam proses restitusi diri, maka murid akan menyadari dia sedang menjadi orang yang seperti apa, yang itu adalah menunjukkan fokus   pada penguatan karakter. Ketika guru membimbing murid untuk penguatan karakter, guru akan mengatakan, “Ibu/Bapak tidak terlalu mempermasalahkan apa yang kamu lakukan hari ini, tetapi mari kita bicara tentang apa yang akan kamu lakukan besok.  Kamu bisa saja minta maaf, tapi orang akan lebih suka mendengar apa yang akan kamu lakukan dengan lebih baik lagi. 

Restitusi menguatkan
 
Bisakah momen ketika murid melakukan kesalahan menjadi sebuah momen yang baik? Jawabnya, tentu bisa, asalkan ia bisa belajar dari kesalahan itu. Apa maksud dari kalimat kita bisa lebih kuat setelah kita belajar dari kesalahan? Lebih kuat disini maksudnya bukan menekan perasaan kita 
dalam-dalam. Kuat disini artinya menyadari apa yang bisa murid ubah, dan murid benar-benar mengubahnya. Guru bisa bertanya, apa yang dapat kamu ubah dari dirimu sendiri? Bagaimana kamu akan berubah? 

Restitusi fokus pada solusi 

Dalam restitusi, guru menstabilkan identitas murid dengan 
mengatakan,   “Kita tidak fokus pada kesalahan, Bapak/ibu tidak tertarik 
untuk mencari siapa yang benar, siapa yang salah. 

3 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

  1. Terimakasih,sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Terimakasih smoga mengispirasi guru guru yang lain

    BalasHapus
  3. Sangat mengispirasi smoga bisa ditiru dan diterapkan bapak ibu guru dalam melakukan pendidikan dan pengajaran di sekolah masing masing

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama