Glosarium Modul 2 Calon Guru Penggerak
Daring |
Merupakan akronim (singkatan) dari dua kata:
“dalam” dan “jaringan”. Dalam Bahasa Inggris, berarti “online”. |
Diagram Frayer |
Grafik visual yang dikembangkan oleh Dorothy
Frayer untuk membantu murid dalam mendefinisikan konsep atau kosakata.
Diagram ini dibagi menjadi empat bagian: definisi, karakteristik, contoh dan
bukan contoh. |
Diferensiasi Konten |
Diferensiasi konten merujuk pada strategi
membedakan pengorganisasian dan format penyampaian konten. Konten adalah
materi pengetahuan, konsep, dan keterampilan yang perlu dipelajari murid
berdasarkan kurikulum. |
Diferensiasi Produk |
Merujuk pada strategi memodifikasi produk hasil
belajar murid, hasil latihan, penerapan, dan pengembangan apa yang telah
dipelajari. |
Diferensiasi Proses |
Merujuk pada strategi membedakan proses yang
harus dijalani oleh murid yang dapat memungkinkan mereka untuk berlatih dan
memahami isi (content) materi. |
Kesiapan belajar (Readiness) |
Kapasitas atau kesiapan murid untuk mempelajari
materi baru. Kesiapan ini terkait dengan berbagai hal, diantaranya:
pengetahuan, konsep dan keterampilan awal yang saat ini dikuasai oleh murid;
miskonsepsi; tingkat perkembangan kognitif, afektif dan fisik; keterampilan
berpikir, dan sebagainya. |
Lingkungan Belajar |
Lingkungan yang berada di sekitar seseorang dan
yang mempengaruhi proses belajar mengajar. |
Minat |
Suatu keadaan mental yang menghasilkan respons
terarah kepada suatu situasi atau objek tertentu yang menyenangkan dan
memberikan kepuasan kepadanya. |
Peer Teaching |
Metode pembelajaran tutor sebaya yang merupakan
strategi pembelajaran kooperatif dimana rasa saling menghargai dan mengerti
dibina di antara orang-orang yang bekerja bersama. |
Pembelajaran Berdiferensiasi |
Usaha menyesuaikan proses pembelajaran di kelas
untuk memenuhi kebutuhan belajar individu. |
Profil Belajar |
Merupakan pendekatan yang disukai murid untuk
belajar, yang dipengaruhi oleh gaya berpikir, kecerdasan, budaya, latar
belakang, jenis kelamin, dan lain-lain. |
Scaffolding |
Suatu teknik pembelajaran di mana murid diberikan
sejumlah bantuan, kemudian perlahan-lahan diadakan pengurangan terhadap
bantuan tersebut hingga pada akhirnya, murid dapat menunjukkan kemandirian
yang lebih besar dalam proses pembelajaran. |
Posting Komentar
Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....
Salam Pak Pandani