loading...

Jaringan Pengangkut Xilem dan Floem

loading...
Loading...
Merupakan jaringan tumbuhan yang mempunyai tugas melaksanakan fungsi transpor atau pengangkut zat. Jaringan terdiri dari xilem atau pembuluh kayu dan floem atatu pembuluh kulit kayu. Xilem dan floem bersama-sama disebut berkas pengangkut( berkas vaskuler). Xilem biasa terdapat dibagian sebelah dalam dari floem. Pada tumbuhan dikotil antara xilem dan floem terdapat kambium intervaskuler.

Jaringan pada tanaman yang memperlihatkan jaringan pengangkut pada batang tumbuhan monokotil dan dikotil

a. Xilem


Merupakan jaringan komplek yang terdiri atas beberapa tipe sel, baik sel mati maupun sel hidup yang dindingnya mengalami penebalan dari zat kayu. Sel-sel ini terangkai memanjang, sehingga membentuk pembuluh. Mula-mula xilem terbentuk dari hasil diferensiasi meristem apikal atau ujung batang. Xilem ini disebut xilem primer.setlah tumbuhan mengalami pertumbuhan sekunder, xilem dibentuk oleh meristem sekunder, yaitu kambium. Xilem ini disebut xilem sekunder.

Xilem dapat dibedakan menjadi dua macam, yakni trakeid dan trakea. Trakeid merupakan unsur xilem yang primitif. Pada ujung-ujung selnya masih memiliki sekat berpori atau noktah, jadi tadak terdapat lubang-lubang. Pada trakea sekat-sekat antarselnya mudah hilang, sehingga ujung sel-selnya berlubang. Ujung ssel satu dengan lainnya saling menyabung sehingga membentuk pembuluh. Fungsi utama xilem adalah untuk mengangkut air dan garam-garam mineral tanah.

Penangkutan air dan garam tanah terjadi pada trakeid melalui noktah- noktah yang terdapat pada sekat antarsel xilem, sedangkan pada trakea melalui lubang- lubang ujung sel. Unsur utama pembentukan jaringan xilem terdiri atas trakeid dan trakea, serabut xilem dan parenkim xilem.parenkim xilem merupaka tempat penimbun zat makanan. Sedangkan serabut xilem biasa menyatu dengan trakeid xilem. 

b. Floem 

Merupakan jaringan komlpek yang terdiri dari beberapa unsur dengan tipe yang berbeda, yaitu buluh tapis, sel pengiring, parenkim, serabut dan sklereid. Seperi halnya xilem, mula-mula floem mrupakan hasil diferensiasi dari meristem apikan pada ujung batang. Floem ini disebut floem primer. Setalah tumbuh mengalami pertumbuhan sekunder, floem dihasilkan oleh meristem sekunder, yaitu kambium. Floem hasil pertumbuhan sekunder, disebut floem sekunder. Fungsi utama dari floem adalah untuk mengangkut air dan zat hasil asimilasi.

Xilem dan floem
loading...
Loading...

0 Response to " Jaringan Pengangkut Xilem dan Floem "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.