Loading...

Pembahasan Soal UN Biologi SMA Paket 3 Soal No 16 Tahun 2015/2016

   
Soal Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015/2016

SMA/MA
Program Studi IPA
Biologi Selasa, 5 April 2016



Soal Sebelumnya:

Soal:

Reabsorbsi merupakan salah satu tahap dalam proses pembentukan urin. Dalam fase ini terjadi proses....
A. penyerapan  kelebihan air
B. penyaringan darah di glomerulus
C. penyerapan sisa-sisa metabolisme
D. pengikatan zat-zat yang tidak dibutuhkan
E. penyerapan kembali zat-zat yang tidak dibutuhkan

Jawaban:

E. penyerapan kembali zat-zat yang tidak dibutuhkan

Pembahasan:


Tahap penyerapan kembali (reabsorpsi). 

Filtrat glomerulus atau urine primer mengalami tahap reabsorpsi yang terjadi di dalam tubulus kontortus proksimal, dan lengkung Henle. Proses tahap ini dilakukan oleh sel-sel epitelium di seluruh tubulus ginjal. Banyaknya zat yang direabsorpsi tergantung kebutuhan tubuh saat itu. Zat-zat yang direabsorpsi antara lain adalah: glukosa, asam amino, ion-ion Na+, K+, Ca, 2+, Cl-, HCO3-, dan HbO42-, sedangkan kadar urea menjadi lebih tinggi. 

Proses reabsorpsi : mula-mula urine primer masuk dari glomerulus ke tubulus kontortus proksimal, kemudian mulai direabsorpsi hingga mencapai lengkung Henle. Zat-zat yang direabsorpsi di sepanjang tubulus ini adalah glukosa, ion Na+, air, dan ion Cl-. Setiba di lengkung Henle, volume filtrat telah berkurang. Hasil tahap reabsorpsi ini dinamakan urine sekunder atau filtrat tubulus. Kandungan urine sekunder adalah air, garam, urea, dan pigmen empedu yang berfungsi memberi warna dan bau pada urine. Urine sekunder masuk ke dalam tubulus kontortus distal dan terjadi lagi penyerapan zat-zat yang tidak digunakan dan kelebihan air diserap sehingga terbentuk urine.


   
   
Loading...
loading...
   

0 Response to " Pembahasan Soal UN Biologi SMA Paket 3 Soal No 16 Tahun 2015/2016 "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani