Loading...

Sebuah percobaan dilakukan dengan memasukkan larutan gula 20% ke dalam kantong usus. Kantong usus yang berisi larutan gula kemudian dimasukkan ke dalam gelas beker yang berisi air. Perubahan apa yang terjadi pada larutan gula didalam usus dan air didalam gelas beker? Berikan alasannya. Peristiwa apa yang terjadi?

   

Soal Uji Kompetensi Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI (Penerbit Erlangga) Halaman 40-43:

Soal Uraian:

Sebuah percobaan dilakukan dengan memasukkan larutan gula 20% ke dalam kantong usus. Kantong usus yang berisi larutan gula kemudian dimasukkan ke dalam gelas beker yang berisi air. Perubahan apa yang terjadi pada  larutan gula didalam usus dan air didalam gelas beker? Berikan alasannya. Peristiwa apa yang terjadi?

Jawaban:

sebelum

Setelah direndam lama

Usus yang berisi gula jika dimasukkan ke dalam gelas beker berisi air murni,
  • Perubahan yang terjadi adalah usus makin lama makin mengembang.
  • Alasannya karena terjadi peristiwa osmosis. 
  • Disebabkan karena air dalam gelas beker (hipotonis) akan berpindah masuk ke dalam usus yang berisi larutan gula (hipertonis) sehingga larutan di dalam usus menjadi lebih isotonis. peristiwa osmosis ini menyebabkan usus menggembung (karena kemasukan air) dan strukturnya lebih keras (karena potensial membran meningkat).


   
   
Loading...
loading...
   

0 Response to " Sebuah percobaan dilakukan dengan memasukkan larutan gula 20% ke dalam kantong usus. Kantong usus yang berisi larutan gula kemudian dimasukkan ke dalam gelas beker yang berisi air. Perubahan apa yang terjadi pada larutan gula didalam usus dan air didalam gelas beker? Berikan alasannya. Peristiwa apa yang terjadi? "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani