Cara Melindungi Dokumen Word dengan Password Pembuka

Pada tutorial sebelumnya kita sudah mempelajari bagaimana cara mengunci dokumen word agar tidak bisa di edit oleh orang lain. Hal ini tidak lain bertujuan untuk melindungi file kita dari gangguan tangan jahil. ataupun tindakan Copy paste yang tidak kita inginkan.

Namun para tutorial tersebut, file yang kita miliki masih bisa dilihat atau di open dengan status Read Only. Jika memang benar-benar ingin melindungi dokumen Anda yang bisa saja berisi tulisan rahasia yang tidak boleh diketahui oleh orang lain Anda dapat menggunakan cara yang satu ingin agar file tersebut benar-benar terjaga kerahasiannya.

Yakni dengan memberi Proteksi Password pembuka seperti gambar dibawah ini:


Dokumen yang dibuka akan segera meminta password jika di open. Berarti tanpa memiliki password orang tersebut mustahil bisa membuka file yang ingin dilihatnya.

Berikut ini adalah tutorial cara memberi password pembuka pada file word tersebut:

1. Tentukan File word yang ingin dikunci/diberi password.

2. Pilih Menubar File >> Info >> Protect Dokument >> Encrypt With Password >> Masukan password >> Masukan password konfirmasi >> Lalu Simpan/Save. atau lihat contoh pada gambar dibawah:



3. Setelah file disimpan, sekarang coba tutup file dan buka kembali. apakah dokumen memeintas passwor? jika iya. Anda telah bershasil mempelajari tutorial ini.

Catatan:
Melindungi dokumen dengan pemberian password ini juga bisa anda lakukan untuk File Power point, Excel dan Office lainnya.

Semoga tutorial ini bermanfaat

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama