Fakta Seputar Program SM-3T

Apakah Anda mengenal program SM-3T?

SM-3T merupakan singkatan dari Sarjana mendidik di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal. Program pendidikan ini untuk pertama kalinya dirilis pada tahun 2011. dimana lulusan sarjana pendidikan diterjunkan ke daerah pelosok 3T untuk mengemban tugas memajukan pendidikan disana.

Program SM-3T hampir sama dengan Program Indonesia Mengajar yang dirintis oleh Bapak Anies Rasyid Baswedan, Ph.D (Rektor Universitas Paramadina yang sekarang adalah Menteri Pendidikan dan kebudayaan) tetapi bedanya Program SM-3T dikelola langsung oleh kemdikbud bukan Swasta sepeti indonesia mengajar dan jumlah guru yang direkrut mencapai jumlah ribuan/tahun sedangkan indonesia mengajar cuma puluhan orang /angkatan.




Adapun fakta-fakta mengenai program SM-3T yang perlu kamu ketahui adalah:

1. Hari ulang tahun atau hari lahirnya SM-3T adalah 6 Sepetember 2011

2. SM-3T merupakan salah satu dari lima buah Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia. yang masih bertahan sampai saat ini dan yang empat program lain itu adalah:
- Program Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi dengan Kewenangan Tambahan (PPGT),
- Program Kuliah Kerja Nyata di Daerah 3T-dan PPGT (KKN-3T PPGT), 
- Program Program Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi Kolaboratif (PPGT Kolaboratif), 
- Program S-1 Kependidikan dengan Kewenangan Tambahan (S-1 KKT). 

3. Kata SM-3T untuk pertama kalinya dipublish dinternet pada tanggal 19 Oktober 2011 melalui situs LPTK penyelenggara.

4. Gaji peserta SM-3T dari angkatan 1 sampai angkatan IV adalah, 2,5 juta. (2 juta Gaji pokok + tunjangan 500 ribu).

5. Jumlah peserta SM-3T angkatan I adalah 2465 Peserta, angkatan ke II adalah 2670 Peserta, angkatan ke III adalah 2803 Peserta, dan angkatan ke IV adalah ......

6. Untuk  SM-3T Angkatan I hanya memiliki 3 Zona wilyah sasaran saja, yakni Aceh, NTT dan Papua. Pada angkatan selanjutnya wilayah sasaran ditambah dengan Kepulauan Riau, Kalimantan, Maluku dan daerah 3T lainnya.

7. SM-3T Angkatan I diseleksi secara pendaftran dan ujian manual (dengan kertas ujian) Sedangkan seleksi untuk Angkatan II sampai Ke V dilaksanakan dengan sistem pendaftran dan ujian online.

8. Pada tahun 2015, SM-3T Telah Dibuka untuk angkatan ke V dan periode pendaftraannya sangat panjang 9 Maret - 7 Juni 2015

9. SM-3T memiliki 3 subdomain situs resmi yang berbeda yakni dengan domain http://sm-3t.dikti.go.id/ dan http://majubersama.dikti.go.id/, dan http://ksg.dikti.go.id/majubersama/ tetapi situs yang paling diupdate adalah http://majubersama.dikti.go.id/ Coba kunjungi dan perhatikan dengan seksama apa bedanya?

10. Pada Tahun 2015 Program SM-3T telah memberikan bukti prospek yang menjanjikan, dimana 809 orang guru lulusan SM-3T dan PPG diterima menjadi PNS dengan status Formasi khusus oleh  KemenPAN RB.

Semoga bermanfaat!

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama