Komunitas Group SM-3T Sudah Menjamur Di Facebook

Di tahun 2015 ini, Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan Terluar dan Tertinggal (SM-3T) akan memasuki perekrutan Peserta angkatan Ke V. Dimana Angkatan I sudah menyelesaikan SM-3T, PPG dan baru saja selesai mengikuti Seleksi Formasi Khusus CPNS 2014. Angkatan Ke-II Juga telah menyelesaikan Studi PPGnya diawal tahun ini. Kemudian Angkatan Ke-III sudah memulai perkuliahan PPGnya di awal bulan maret 2015 kemaren. Sedangkan angkatan Ke-IV masih dalam pengabdian di daerah penempatanya.

Untuk menjalin silaturahmi antar sesama peserta SM-3T yang tidak memungkinkan berdiskusi secara tatap muka. Maka peserta memanfaatkan penggunaan sosial media untuk saling berinteraksi, Dimana group facebook menjadi pilihan utamanya.


Sekarang ini, ketika mencoba mencari komunitas group dengan keyword "SM3T" di kolom pencarian facebook, dapat kita jumpai puluhan group dan halaman yang akan muncul. Tentunya kehadiran group dan halaman ini buktinyata sosialisasi antar perserta SM-3T maupun orang-orang yang ingin menggali informasi apa itu program SM-3T?

Group yang tampil dengan keyword "SM3T"
Dari survey yang Saya lakukan, dapat kita lihat bahwa group SM-3T yang memiliki jumlah member terbanyak adalah group: Sarjana Mendidik di daerah 3T (SM3T). Group punya member sebanyak 55.704 orang. Memang jika saya perhatikan, Group ini adalah group pertama yang muncul setelah perektutan SM-3T angkatan I ditahun 2011.

Kemudian group kedua adalah SM-3T INDONESIA. Group ini memiliki 25.755 member.  dan ditempat ketiga ada Group SM-3T UNM (Universitas Negeri Makasar). Jumlah member Group ini tergolong fantastis dari group-group LPTK yang lain. Hal ini dimungkinkan kerena UNM adalah penyumbang peserta SM-3T terbanyak dari setiap angkatannya.

Diantara banyaknya group facebook yang telah menjamur. Diawal penghujung tahun 2012, berdasarkan hasil pertemuan koordinator peserta SM-3T Angkatan I munculah sebuah group baru yang rekan-rekan namai "IKA SM-3T INDONESIA"  Group ini bersifat rahasia dan mengayomi setiap proses dan masalah yang dihadapi Pasca SM-3T, PPG dan menempuh Formasi khusus CPNS 2014. Dan pada tahun 2014 kemaren muncul group yang mengiringi group IKA SM-3T INDONESIA dengan nama SM-3T Penggiat Pendidikan

Wah! semakin banyak saja, tapi apapun itu, semoga keberadaan group-group SM-3T bisa menjadi wadah silaturahmi antar sesama peserta. dan bukan dijadikan alasan untuk suatu perpecahan.

Kelompok-kolompok itu tercipta karena sudah kodratnya.

Dalam Kelompok besar pasti ada namanya kelompok-kelompok kecil 

Selamat bersilaturahmi kawan!.

Salam maju Bersama.

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama