Reproduksi Ganggang Multiseluler

Ganggang bereproduksi secara aseksual (vegetatif) dan seksual (generatif).

1. Reproduksi aseksual (vegetatif)

Reproduksi aseksual pada ganggang terjadi dengan pembelahan biner, fragmentasi, dan pembentukan spora.
  • Pembelahan Biner 
Pembelahan akan mengakibatkan sel terbagi menjadi dua bagian yang sama. Contoh organisme yang melakukan pemebelahan biner adalah Chlorella.
  • Fragmentasi 
Fragmentasi terjadi pada koloni ganggang berbentuk benang dan lembaran. Pada fragmentasi ini potongan-potongan filamen yang disebut hormogonium akan berkembang menjadi individu yang baru. Contohnya Spirogyra, Laminaria dan Sargasum.
  • Pembelahan Spora 
Pembelahan spora terjadi pada ganggang uniseluler maupun multiseluler. Spora dihasilkan dengan cara pembelahan dinding sel induk. Spora akan keluar setelah dinding sel induk pecah dan kemudian tumbuh menjadi ganggang baru yang haploid. Contohnya Chamydoimonas dan Ulothrix. 



2. Reproduksi seksual (Generatif)
Reproduksi seksual pada ganggnag dapat terjadi secara:

1. Konjugasi

pada Konjugasi, mula-mula dibentuk tonjolan pada sel-sel di dua filamen yang berbeda. Kemudian, tonjolan dari sel filamen yang satu akan bergabung dengan sel filamen yang lain. Setelah bergabung akan membentuk saluran konjugasi yang memungkinkan materi genetik dari sel yang terlihat pindah dan bergabung dengan materi genetik di sel filamen lain sehingga terbentuk zigot. Konjugasi contohnya terjadi pada Spirogyra, sp.

2. Singami (isogami)

Singami (isogami) adalah peleburan antara dua sel gamet yang sama bentuk dan ukurannya, tetapi berbeda jenisnya, diikuti terjadinya peleburan inti, singami menghasilkan zigot yang diploid (2n)

3. Anisigami

Anisogami adalah peleburan atara sel gamet yang berbeda ukuran dan bentuknya. Anisogami dapat berupa oogami, yaitu masuknya sel gamet jantan berflagel (sperma) ke sel gamet betina (ovum) kemudian terjadi peleburan inti. Hasil fertilisasi adalah zigot. 

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama