Contoh Soal Pedagogik UKG Tahun 2015

SOAL-SOAL PEDAGOGIK UKG 

1.Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam …..
a. SKL mata pelajaran dan SKL satuan pendidikan
b. SKL mata pelajaran dan SKL Standar Kompetensi
c. Kompetensi Dasar dan SKL mata pelajaran
d. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
e. Standar Kompetensi dan SKL satuan pendidikan

2. Standar kompetensi dan kometensi dasar merupakan lampiran dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor …..
a. 22 tahun 2006
b. 23 tahun 2006
c. 24 tahun 2006
d. 19 tahun 2007
e. 20 tahun 2007

3. Standar kompetensi dan kometensi dasar merupakan lampiran dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor …..
a. 22 tahun 2006
b. 23 tahun 2006
c. 24 tahun 2006
d. 19 tahun 2007
e. 20 tahun 2007

4. Kompetensi yang harus dimiliki guru (pendidik) berdasarkan Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 adalah kompetensi …..
a. Kepribadian, pedagogik, professional, dan manajerial
b. Kepribadian, pedagogik, professional, dan sosial
c. Kepribadian, pedagogik, professional, dan kewirausahaan
d. Pedagogik, professional, manajeria, dan sosiall
e. Pedagogik, kewirausahaan, professional  dan social


6. Materi yang diajarkan oleh guru hendaknya cukup memadai dalam membantu peserta didik menguasai kompetensi. Hal ini merupakan salah satu prinsip pengembangan materi pembelajaran, yaitu …..
a. Adequacy
b. Konsistensi
c. Relevansi
d. Sistematis
e. Komprehensif

7. Penilaian acuan keriteria yaitu penilaian yang menggunakan …..
a. Kurva normal untuk menentukan ketuntasan peserta didik
b. Nilai rata-rata untuk menentukan ketuntasan belajar
c. Patokan tertentu dalam menentukan ketuntasan peserta didik
d. Konversi nilai untuk mencapai ketuntasan belajar
e. Trik-trik tertentu untuk menentukan ketuntasan belajar

8. Sebagai seorang guru, perubahan pola piker apakah yang perlu anda lakukan ?
a. Memfokuskan pembelajaran dengan memberikan banyak latihan
b. Menempatkan peserta didik sebagai arsitek pembangunan gagasan
c. Meningkatkan peran peserta didik sebagai konsumen gagasan
d. Menentukan standar kompetensi dan kompetensi dasar
e. Membuat perencanaan pembelajaran yang sangat rinci.

9. Apa yang seharusnya dilakukan sebagai hal terpenting pada tahap awal (pendahuluan) kegiatan pembelajaran ?
a. Bertanya kepada siswa “sampai dimana pelajaran kita minggu lalu?”
b. Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran
c. Mengabsen dengan memanggil nama siswa satu per satu
d. Memeriksa apakah siswa telah mengerjakan pekerjaan rumah
e. Memotivasi peserta didik agar siap mengikuti pelajaran

10. Berdasarkan standar sarana dan prasarana, kapasitas maksimal rombongan belajar untuk SMP dan SMA adalah …..

a. 40 peserta didik
b. 32 peserta didik
c. 27 peserta didik
d. 24 peserta didik
e. 20 peserta didik


11. Setiap guru wajib membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pernyataan ini merupakan amanah dari Permendiknas …..
a. No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
b. No. 23 tahun 2006 tentang SKL
c. No. 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan
d. No. 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan
e. No. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses

12. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat guru dapat dipergunakan untuk....
a. Satu kali pertemuan atau lebih
b. Satu standar kompetensi atau lebih
c. Satu kompetensi dasar atau lebih
d. Satu indikator atau lebih
e. Satu tema atau lebih

13. Jika anda diminta oleh kepala sekolah untuk melakukan supervisi akademik kepada salah seorang guru, apa yang
seharusnya anda lakukan pada waktu pertemuan pasca observasi?
a. Mendiskusikan langkah-langkah kegiatan dan jenis alat peraga yang sebaiknya digunakan
b. Memberitahu guru agar dapat mengajar lebih baik dan tidak melakukan kesalahan lagi
c. Meminta guru mengidentifikasi kekurangan dan mengajukan alternative perbaikannya
d. Mengamati kegiatan belajar mengajar dan mencatat hal-hal yang perlu disampaikan
e. Menyempurnakan perangkat administrasi guru dan materi pokok yang akan diajarkan.

14. Salah satu upaya untuk mewujudkan kompetensi pedagogik yang dituntut dari seorang pendidik adalah …..
a. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur dan berakhlak mulia
b. Mematuhi tata tertib dan menjunjung tinggi kode etik profesi pendidik
c. Menumbuhkan budaya mutu di lingkungan sekolah
d. Melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan pembelajaran
e. Menjadi teladan bagi peserta didik dan warga sekolah

15. Sebuah indicator berbunyi “siswa dapat mempraktekkan …..”. jenis penilaian yang sesuai untuk mengukur ketercapaian
indicator tersebut adalah …..
a. Tes tertulis
b. Unjuk kerja
c. Proyek
d. Pilihan ganda
e. Essay berstruktur

16. Sebuah KD, “menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh”. Kata kerja operasional yang dapat digunakan dalam
indicator pencapaian KD tersebut antara lain …..
a. Menjelaskan, membuktikan, dan menafsirkan
b. Menyebutkan, menunjukkan, dan menjelaskan
c. Menjelaskan, mengatur, dan merangkai
d. Mengingat, menerapkan, dan merancang
e. Membuktikan, membedakan, dan mengkritik

17. Salah satu bentuk pelaksanaan pembelajaran pengayaan adalah pembelajaran tema, maksudnya adalah …..
a. Pembelajaran hanya dilakukan untuk kompetensi yang belum dikuasai siswa
b. Peserta didik belajar tentang suatu tema yang diminati secara mandiri
c. Memadukan kurikulum dalam tema besar dengan menghubungkan berbagai disiplin ilmu
d. Pembelajaran dilaksanakan secara klasikal pada jam-jam pelajaran sekolah
e. Pelaksanaan pembelajaran dibatasi pada tema-tema tertentu yang esensial

18. Perhatikan pernyataan berikut :
1) SKL ujian nasional
2) SKL ujian sekolah
3) SKL mata pelajaran
4) SKL satuan pendidikan
5) SKL kelompok mata pelajaran
Standar kompetensi lulusan yang terdapat dalam Permendiknas No. 23 tahun 2006 meliputi :
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 2), dan 5)
c. 2), 3), dan 4)
d. 2), 4), dan 5)
e. 3), 4), dan 5)

19. Sebuah indicator memiliki kriteri kompleksitas tinggi, daya dukung tinggi dan intake sedang, apabila penetapan KKM
menggunakan poin/skor, maka KKm indicator tersebut adalah …..
a. 89
b. 78
c. 67
d. 56
e. 44

20. Komponen silabus mencakup semua ranah (kognitif, psikomotor, afektif), hal ini merupakan salah satu prinsip
pengembangan silabus, khususnya ….
a. Ilmiyah
b. Relevan
c. Sistematis
d. Menyeluruh
e. Konsisten

21. Berikut ini adalah silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan, kecuali….
a. Silabus mata pelajaran yang SK dan KDnya dikembangkan pusat
b. Silabus mata pelajaran tambahan yang dilaksanakan sekolah
c. Silabus muatan local yang SK dan KDnya dikembangkan oleh sekolah
d. Silabus kegiatan pengambangan diri yang dilaksanakan oleh sekolah
e. Silabus semua mata pelajaran yang dilaksanakan satuan pendidikan

22. Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat kepada peserta didik untuk memotivasi, mengembangkan kreatifitas,
inisiatif, inspirasi, kemandirian dan mendorong semangat belajar. Hal ini merupakan salah satu prinsip yang perlu diperhatikan
dalam mengembangkan RPP. Prinsip tersebut adalah ….
a. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
b. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
c. Kebermanfaatan bagi peserta didik
d. Ketercapaian kompetensi bagi peserta didik
e. Memberi umpan balik dan tindak lanjut pada peserta didik

23. Penambahan empat jam pembelajaran per minggu dalam struktur kurikulum seharusnya dilakukan …..
a. Untuk mata pelajaran yang di UN kan
b. Pada mata pelajaran yang memerlukan praktik
c. Melalui analisis kondisi masyarakat dan lingkungan
d. Dengan memperhatikan standar proses
e. Melalui analisis standar isi, SK, dan KD

24. Pak Riko guru TIK mengajarkan langkah-langkah mengirimkan e-mail. Materi pelajaran yang dikembangkan pak Rico
tersebut termasuk dalam kategori materi…..
a. Konsep
b. Fakta
c. Prinsip
d. Prosedural
e. Pilihan

25. Jumlah maksimal rombongan belajar pada satuan pendidikan tertuang dalam ….
a. Standar Proses
b. Standar sarana dan prasarana
c. Standar pengelolaan
d. Standar Pembiayaan
e. Standar Pelaksanaan Pembelajaran

26. Contextual teaching and learning (CTL) adalah salah satu pendekatan yang sangat dianjurkan dalam proses pembelajaran.
Salah satu komponen dalam CTL adalah …..
a. Teaching community
b. Learning community
c. Student community
d. Team community
e. Asking community

27. Harapan yang ditumpukan pada peserta didik melalui implementasi muatan lokal, diantaranya agar peserta didik dapat ….
a. Bebas memilih lingkungan social dan budaya yang ada
b. Berinteraksi dengan seluruh suku dan budaya yang ada di Indonesia
c. Mantap menyongsong masa depan sesuai dengan karakternya
d. Melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dengan bekal keterampilan
e. Menjadi lebih akrab dengan lingkungan alam, social dan budaya daerah.

28. Kejelasan informasi dalam bahan ajar cetak merupakan salah satu criteria pada komponen …..
a. Kegrafikan
b. Kebahasaan
c. Kebenaran isi
d. Penyajian
e. kebermanfaatan

29. Jika seorang pendidik ingin mengukur ketuntasan seorang peserta didik pada saat proses belajar mengajar, maka yang
menjadi acuannya adalah …..
a. Penguasaan materi pokok
b. Kompetensi yang tertuang pada KD
c. Kompetensi yang tertuang pada indicator
d. Nilai akhir yang dicapai peserta didik
e. Kreatifitas peserta didik yang variatif

30. Salah satu prinsip penilaian hasil belajar peserta didik adalah terpadu, maksudnya bahwa penilaian …..
a. Didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur
b. Didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan
c. Dilakukan secara berencana dan bertahap mengikuti langkah yang baku
d. Merupakan komponen yang tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
e. Mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai aspek yang sesuai.

31. Berikut merupakan komponen silabus, kecuali …..
a. Standar kompetensi
b. Kompetensi dasar
c. Tujuan pembelajaran
d. Kegiatan pembelajaran
e. Materi pokok

32. Berikut adalah sumber daya pendukung yang harus dipertimbangkan untuk menentukan KKM,kecuali …..
a. Dukungan komite sekolah
b. Sarana dan prasarana
c. Jumlah peserta didik
d. Manajemen sekolah
e. Ketersediaan tenaga pendidik

33. Berikut ungkapan yang sesuai dengan pelaksanaan Remedial Teaching adalah…..
a. Dilakukan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan sekolah
b. Dilakukan setelah pelaksanaan ujian semester
c. Nilainya tidak lebih dari nilai KKM
d. Dilaksanakan untuk memperkaya pengetahuan siswa
e. Soal yang diujikan merupakan soal yang telah diujikan sebelumnya

34. Pengembangan diri sebagai upaya pembentuak watak dan kepribadian serta pengembangan minat, bakat dan keunikan diri
peserta didik dilakukan melalui kegiatan…..
a. Pelayangan bimbingan dan konseling dan kesiswaan
b. Pelayangan bimbingan dan konseling dan ekstra kurikuler
c. Pelayangan bimbingan dan konseling dan pembiasaan
d. Kegiatan ekstra kurikuler dan pembiasaan
e. Kegiatan kesiswaan dan ekstra kurikuler

35. Siswa-siswa yang peramah, penakut, teliti, mampu mengambil kesimpulan, jujur atau pendendam merupakan karakteristik
dari ....
a. Sikap
b. Kepribadian
c. Temperamen
d. Sifat
e. Mental

36. Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak
kesalahan. Gaya belajar para siswa tersebut adalah....
a. impulsif (menuruti dorongan kata hati)
b. reflektif (berfikir kemudian bereaksi)
c. gaya berfikir-terikat (field-dependent)
d. gaya berfikir-bebas (field-independent)
e. ekstropet

37. Pelaksanaan kurikulum di daerah perlu mempertimbangkan hal-hal berikut, kecuali….
a. kesempatan guru dalam berimprovisasi dan berkreasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran
b. merancang program remedial, pengayaan, dan percepatan belajar sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa
c. pengembangan atau penyusunan silabus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan setempat
d. melakukan diversifikasi kurikulum sesuai dengan kemampuan daerah dan permintaan orang tua
e. penilaian dilakukan dengan berpedoman pada acuan/kompetensi

38. Esensi dari pembelajaran remedial adalah …..
a. Memberi perlakuan khusus kepada peserta didik yang mengalami hambatan dalam belajar
b. Melaksanakan tes ulang bagi peserta didik yang belum tuntas dengan segera
c. Memperbaiki nilai peserta didik yang belum tuntas dengan memrikan tugas
d. Memberikan tes kepada peserta didik yang sudah tuntas untuk perbaikan nilai
e. Memberikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur sebelum tes ulang

39. Kegiatan pembelajaran dimana peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok dan ditanggapi kelompok lain disebut
kegiatan …..
a. Elaborasi
b. Konfirmasi
c. Eksplorasi
d. Evaluasi
e. Observasi

40. Perhatikan kegiatan-kegiatan berikut !
1) Analisis SK dan KD
2) Pengembangan RPP
3) Penyusunan soal ulangan harian
4) Pengembangan silabus


Semoga bermanfaat! Salam Pak Pandani

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama