Pengertian KKG, Contoh Proposal KKG dan Manfaatnya Untuk Guru

Pengetian KKG?

Kelompok Kerja Guru (KKG) adalah Wadah kegiatan guru-guru yang bertujuan untuk membahas berbagai masalah yang berhubungan dengan penyampaian pembelajaran di masing-masing kelas.

Bagimana cara mengadakan KKG?

Untuk melaksanakan KKG diperlukan mengajukan Proposal KKG ke Dinas Pendidikan untuk mendapatkan bantuan dana. Kegiatan KKG selain untuk membahas beberapa permasalahan kegiatannya juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan tambahan nilai usulan PAK, Tingkat dengan cacatan harus menyusun sebuah laporan hasil yang didukung dengan; Daftar hadir, Notula atau resume hasil kegiatan dan sertifikat.

Manfaat KKG?
  1. Meningkatkan kemampuan guru dalam bidang pengetahuan umum. Artinya adalah melalui kegiatan-kegiatan yang sifatnya menambah pengetahuan guru tentang informasi, isu-isu dan kejadian sosial, kemajuan-kemajuan dan penemuan-penemuan baru yang ada hubungannya dengan pembelajaran dapat bertambah, hal ini dapat terlaksana melalui kegiatan diskusi, seminar, atau training di KKG.
  2. Meningkatkan pengetahuan guru dalam menyusun administrasi pembelajaran. Artinya, selain tugas mengajar guru juga harus menyusun dan mempersiapkan kelengkapan administrasi kelasnya, membuat daftar kelas, daftar nilai, menyusun format penilaian, menyusun berkas nilai dan pekerjaan lainnya. Teknik dan cara pembuatan administrasi tersebut mungkin tidak dapat dipahami oleh guru di sekolahnya, sementara melalui KKG hal-hal tersebut dapat terselesaikan dengan tuntas.
  3. Meningkatkan pengetahuan guru dalam melaksanakan manajemen kelas. Artinya, sebagai pemimpin kelas guru harus mampu mengatur seluruh kegiatan belajar agar berjalan secara kondusif dan bernilai guna. Pengaturan ini memerlukan ilmu manajemen. Melalui KKG dapat dibicarakan lebih lanjut tentang bagaimana memanajemen kelas dengan baik.
  4. Meningkatkan kepandaian guru dalam merancang, membuat dan menyusun alat-alat media yang dipergunakan dalam pembelajaran.Meningkatkan keyakinan dan harga diri guru. Artinya, dengan bertambahnya pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh melalui KKG dengan sendirinya kemampuan tersebut akan meningkatkan keyakinan diri guru dalam melaksanakan pembelajaran. Meningkatkan keyakinan diri guru atas dasar meningkatnya pengetahuan dengan sendirinya juga harga dirinya naik.


Bagi yang berminat untuk melaksanakan KKG,Silahkan unduh contoh proposal pengajuan KKG ke dinas. dengan mengklik link dibawah ini:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama