Fungsi Lisosom

Apa itu lilososm?

Lisosom merupakan organel kecil berdiameter 0,1 µm, berbentuk seperti kantong (vesikel) yang diselubungi membran tunggal. Lisosom berisi enzim hidrolitik yang mencerna makromolekul, contohnya enzim nuklease menghidrolisis asam nukleat, enzim protease menghidrolisis protein, dan enzim lipase yang menghidrolisis lipid. Lisosom dibuat di RE kasar, kemudian ditransfer dan diproses lebih lanjut di aparatus golgi.

Fungsi lisosom, yaitu :
  • berperan pada pencernaan intrasel 
  • berperan pada proses fagositosis dengan cara menelan dan mencerna partikel yang lebih kecil, seperti yang dilakukan oleh organisme multiseluler, misalnya Amoeba. Pada manusia, sel makrofag memfagositosis bakteri atau kuman penyakit lainnya. 
  • autofag atau menelan dan mendaur ulang organel yang rusak 
  • autolisis atau perusakan sel sendiri dengan cara membebaskan semua isi lisosom. Autolisis terjadi pada peristiwa hilangnya ekor katak saat metamorfosis. 

Penyakit yang timbul akibat kelainan lisosom, yaitu :
  1. Pompe, ketiadaan enzim lisosom untuk memecah polisakarida, sehingga terjadi akumulasi (penimbunan) glikogen yang dapat merusak sel-sel hati
  2. Tay-Sachs, enzim pencerna lipid inaktif atau hilang, sehingga terjadi penimbunan lipid yang dapat merusak otak.

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama