Pengertian Nukleus (Inti Sel)

Apa itu Nukleus atau Inti Sel?

Nukleus mengandung sebagian besar gen yang mengontrol sel eukariotik (sebagian gen terletak di dalam mitokondria dan kloroplas). Nukleus ini umumnya merupakan organel yang paling mencolok dalam sel eukariotik, rata-rata berdiameter 5 µm, dan diselubungi oleh membran ganda. Kedua membran ini, masing-masing merupakan bilayer lipid dengan protein yang terkait, dipisahkan oleh ruangan sekitar 20-40 nm. Membran ini dilubangi oleh beberapa pori yang berdiameter sekitar 100 nm dan berfungsi untuk mengatur keluar-masuknya makromolekul dari nukleus. Pada bibir setiap pori, membran dalam dan membran luar menyatu.
Di dalam nukleus terdapat nukleoplasma (plasma inti), nukleolus (anak inti), dan materi genetik berupa benang-benang kromatin. Sewaktu sel bersiap untuk membelah, kromatin kusut yang berbentuk benang akan menggulung, menjadi cukup tebal untuk bisa dibedakan menjadi struktur terpisah yang disebut kromosom. Nukleolus merupakan tempat komponen ribosom disintesis dan dirakit. Jumlah nukleolus bervariasi, bergantung pada spesiesnya dan tahap siklus reproduktif sel tersebut.


Fungsi nukleus, yaitu :
  • Mengontrol sintesis protein dengan cara menyintesis m-RNA sesuai dengan perintah DNA,
  • Mengendalikan proses metabolisme sel,
  • Menyimpan informasi genetik berupa DNA,
  • Tempat penggandaan (replikasi) DNA.

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama