Pengertian Program Bidik Misi

Program Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi yaitu bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Program ini sejalan dengan Nawacita Pemerintah R.I untuk meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional. Melakukan revolusi karakter bangsa, melalui pendidikan dengan memperteguh ke­bhinneka­an dan memperkuat restorasi sosial Indonesia. Mengembangkan insentif khusus untuk memperkenalkan dan mengangkat kebudayaan lokal. 

Meningkatkan proses pertukaran budaya untuk membangun kemajemukan sebagai kekuatan budaya bangsa. Untuk itu, lulusan Program Bidikmisi, diharapkan dapat mengisi kebutuhan sumberdaya manusia Indonesia yang siap berkompetisi di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang telah diratifikasi dan terlaksana saat ini.


A. Misi
  1. Menghidupkan harapan bagi masyarakat tidak mampu secara ekonomi namunmempunyai potensi akademik baik untuk dapat menempuh pendidikan sampai kejenjang pendidikan tinggi;
  2. Memberikan akses bagi masyarakat kurang mampu tapi memiliki potensi akademikyang baik untuk menjadi sumber daya manusia yang memiliki nilai­nilai kebangsaan,patriotisme, cinta Tanah Air, dan semangat bela negara. 
  3. Memberikan kesempatan bagi masyarakat kurang mampu tapi memiliki potensi akademik yang baik untuk ikut berperan serta dalam meningkatkan daya saing bangsa di era kompetisi global, khususnya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang telah diratifikasi oleh seluruh Negara ASEAN.

B. Tujuan
  1. Meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didikyang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik;
  2. Memberi bantuan biaya pendidikan kepada calon/mahasiswa yang memenuhikriteria untuk menempuh pendidikan program Diploma/Sarjana sampai selesai dantepat waktu;
  3. Meningkatkan prestasi mahasiswa, baik pada bidang kurikuler, ko-kurikulermaupun ekstra kurikuler;
  4. Menimbulkan dampak iring bagi mahasiswa dan calon mahasiswa lain untuk selalumeningkatkan prestasi dan kompetif;
  5. Melahirkan lulusan yang mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial,sehingga mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.
Download selengkapnya buku pedoman bidik misi

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama