Cara Mengaktifkan HTTPS Untuk Domain Blogspot

Sesuai dengan Pemberitahuan oleh blogger melalui notification di Dasbor Blogger pada tanggal 5 April 2016, disampaikan bahwa:
Hadir di akhir April!
Semua pengunjung akan dapat melihat blog domain Blogspot Anda melalui sambungan terenkripsi dengan mengunjungi https://<your-blog>.blogspot.com. Tautan dan bookmark yang ada ke blog Anda akan terus bekerja. Sebagai bagian dari perubahan ini, Ketersediaan HTTPS akan ditiadakan, dan blog Anda akan selalu memiliki versi HTTPS.
Sebenarnya fitur ini sudah cukup lama tersedia di pengaturan blogger, namun fitur ini cuma bisa dinikmati bagi yang masih menggunakan domain asli blogspot tanpa mengkostum dengan domain lain.

Lalu apa kegunaan dari HTTPS ini?

Berikut Pak pandani akan jelaskan. Ada tiga manfaat utama menggunakan HTTPS dibanding dengan HTTP untuk mengakses blog Anda:
  1. Membantu memeriksa bahwa pengunjung Anda membuka situs yang benar dan tidak dialihkan ke situs berbahaya.
  2. Membantu mendeteksi jika ada penyerang yang mencoba mengubah data yang dikirim oleh Blogger ke pengunjung.
  3. Menambahkan langkah-langkah keamanan yang membuat lebih sulit bagi orang lain untuk mendengarkan percakapan pengunjung Anda, melacak aktivitas, atau mencuri informasi mereka.
Bila HTTPS diaktifkan, pengunjung dapat mengakses versi yang dienkripsi dari blog Anda dengan mengetikkanhttps://<your-blog>.blogspot.com.




Fitur https untuk blogspot ini dapat dinikmati dengan mengatur setingan di dasbor, berikut tutorial dari Pak Pandani:
  1. Masuk ke Dasbor Blogger.
  2. Pilih Menu Setelan atau Setting pada pengaturan blog
  3. Pada menu sebelah kiri, klik Setelan > Dasar > Setelan HTTPS.
  4. Dalam Ketersediaan HTTPS, pilih Ya.

Mengaktifkan Ketersediaan HTTPS akan memungkinkan pengunjung melihat blog Anda melalui koneksi terenkripsi dengan mengunjungi https://pak-pandani.blogspot.com. Sekarang fitur ini hanya didukung untuk blog domain Blogspot
Setelah fitur tersebut anda aktifkan, sekarang coba akses alamat blog anda dengan menggunkan awalan url https//:  alamat blog anda

Selamat mencoba!

Salam Pandani

3 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

  1. mantap blognya ditunggu kunjungan balik dan sarannya untuk blog saya senior

    BalasHapus
  2. Terima kasih saranya semoga bermanfaat,saya pakai android bagaimana mengaftifkan blog saya biar tetap https

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama