Open Recriutment Ahmad Dahlan Mendidik (Pendaftaran: 3 Juni - 3 Juli 2016)

Pendidik Muda Ahmad Dahlan atau sering disingkat dengan PMAD merupakan gerakan pengabdian Independent pada bidang pendidikan, PMAD angkatan pertama bertujuan untuk menyaring mahasiswa universitas ahmad dahlan terbaik yang memiliki passion untuk menjadi pendidik. Mengutip kata-kata dari pak anies baswedan “mendidik bukan hanya dipandang tugas sekolah atau pemerintah tetapi mendidik adalah mencerdaskan tugas setiap orang terdidik, siapa saja bisa menjadi guru, siapa saja bisa menjadi pendidik”. Terinsirasi dari kata tersebut dan gerakan Indonesia mengajar maka muncullah gerakan ahmad dahlan mendidik yang bejargon “jiwa kami terpanggil menjadi seorang pendidik yang akan meahirkan generasi emas”.

Tujuan dari penyaringan mahasiswa terbaik tersebut, akan diberikan pembinaan dan juga follow up program yang akan dikerjakan selama 6 bulan sebagai pegabdian pada masyarakat yang berlandaskan pada tridarma perguruan tinggi yaitu pendidikan, pengabdian dan penelitan. Dengan bekal ilmu yang telah dipelajari dibangku kuliah dengan ditambah dengan ilmu-ilmu yang akan dibekali melalui pelatihan dan juga FGD maka mahasiswa terpillih tersebut akan siap untuk mengabdi pada masyarakat sehingga masalah-masalah yang ada dimasyarakat bisa dijadikan ide untuk melakukan penelitian, apakah itu melalui wadah PKM (program kreativitas mahasiswa) yang diselenggarakan oleh dikti ataupun penelitian lain seperti skirpsi dan lainnya.

Bentuk program yang akan diberikan selama 6 bulan masa kontraknya adalah menghidupkan kembali taman baca masayarakat (TBM) yang ada di kelurahan Umbulharjo yang akan dibagi menjadi tiga orang disetiap TBMnya. Kedua, PMAD tersebut akan dibina secara berkala melalui pelatihan dengan dosen-dosen (orang yang ahli pada bidangnya) dan juga pelatihan secara sebaya untuk melatih softskill.

Seminar Nasional Pendidikan dan pelantikan pendidik muda Ahmad Dahlan angkatan pertama yang diselenggarakan pada tanggal 18 Mei 2014 di Auditorium kampus I UAD yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas Ahmad Dahlan Dr. H. kasiyarno, M.Hum sebagai tuan rumah penyelenggara. Pada acara ini peserta yang berjumlah 300 orang dengan dihadiri oleh alumni pengajar muda Indonesia mengajar dan relawan turun tangan.

Seminar yang awalnya akan diisi oleh pak Anies Baswedan, Ph.D pendiri Indonesia Mengajar digantikan oleh pengajar Muda Indonesia mengajar Arif Lukman yang mengabdi selama 1 tahun di Fakfak Papua. Ketidakhadiran pak Anies Baswedan dikarnakan jadwal konvensi yang diadakan oleh partai demokrat dimajukan. Sehingga pak Anies Baswedan sebagai salah satu kandidat calon presiden dari partai demokrat tidak diperkenankan untuk keluar Jakarta sampai tanggal 23 Mei. Pada kesempatan kali ini pak Anies mengungkapkan kemungkinan besar tidak bisa menghadiri seminar nasional pendidikan di UAD karna dipertemukan oleh kendala jadwal yang begitu rumit. Ketika ditemui di kantor turun tangan di Jakarta oleh 4 orang panitia, pak Anies masih sempat untuk membuat video singkat permohonan maaf untuk peserta seminar. Pada hari H video diputarkan yang diawali dengan pengantar oleh pak Gatot Sugiharto selaku Pembina PMAD terlihat peserta maklum dengan ketidak hadiran pak Anies. Dengan setting acara yang dibuat untuk dapat mengurangi kekecewaan peserta dikarnakan ketidak hadiran pak Anies dengan diisi dengan pengajar muda Indonesia mengajar masih terlihat antusias. Karena sebelum memulai mengisi pak Arif Lukman sebagai penganti pak Anies membacakan sms dari pak Anies sebagai bentuk keyakinan pada peserta. Dengan begitu peserta masih menikmati acara sampai usai hingga pukul 13.00 dengan diawali dengan tarian dan diselangi hiburan-hiburan untuk membuat peserta merasa relax dengan seminar tersebut.

Acara yang disetting dengan tema pendidikan sebagai peringatan hari Pendidikan Nasional tanggal 2 mei dan hari kebangkitan Nasional 20 mei, dengan membacakan Puisi Hitamnya Dunia pendidikan. Terkadang kita sebagai mahasiswa kurang peka terhadap pendidikan-pendidikan dilingkungan kita. Berawal dari mahasiswa untuk belajar merawat Indonesia dengan mencerdaskan anak bangsa, memberdayakan sumber daya manusia, semoga gerakan yang digagas oleh communitas of education psychology bisa menebar manfaat yang luas baik untuk memberdayakan mahasiswa ataupun masyarakat sebagai bentuk pengabdian mahasiswa.

Penutupan acara dipemutaran video anak-anak “aku ingin menjadi presiden” yang dimainkan oleh anak-anak TBM. Pembuatan film singkat ini dibuat langsung oleh Pendidik Muda Ahmad Dahlan dan diperankan oleh anak-anak dilingkungan TBM Roemah Pelangi Umbul Harjo. Film singkat dengan judul Aku ingin menjadi presiden menceritakan secara singkat mimpi anak bangsa.

Seminar ini juga bertujuan untuk pelantikan Pendidik Muda Ahmad Dahlan Angkatan Pertama sudah resmi menjadi pendidik muda yang siap untuk mengabdi dimsyarakat selama enam bulan dan disini tidak akan mengorbankan waktu kuliah dari pendidik muda tersebut. Pendidik muda tersebut akan mengisi waktu luangnya dimasyarakat untuk menprduktifkan kembali TBM-Tbm yang telah mati.

Suatu apresiasi yang besar dari dosen-dosen UAD terhadap program ini sehingga dosen-dosen memberikan dedikasi yang tinggi pada PMAD dan juga berkontribusi bersama dengan mahasiswa untuk menyelenggarakan PMAD sebagai penasehat dan juga sebagai Pembina yang masuk kedalam structural PMAD. Dukungan moral dari berbagai pihak, dari rektorat yang meapresiasi gerakan ini, sebagai cambuk untuk tidak akan pernah menyerah, karna dialiran darah pemuda untuk perubahan bangsa. Berawal dari hal kecil. Awalnya menjadi ikan besar dikolam kecil, semoga suatu saat nanti akan terlihat menjadi ikan besar dikolam yang besar yang semua orang akan bisa melihat kebermanfaatannya yang dimulai dari perjuangan detik ini. Terimakasih kami pada setiap pihak telah mendukung, donator yang telah disumbangkan untuk kesuksesan acara, semoga bisa berbuah pahala dan juga sokongan dalam bentuk motivasi ataupun dalam hal apapun itu sangatlah menjadi pupuk semangat bagi PMAD untuk selalu melangkah sampai puncak.


Download Poster

Open Recriutment Ahmad Dahlan mendidik

"Setahun Mendidik Seumur Hidup Menginspirasi" (Anies Baswedan)@2016
Jadwal:
  • 3 Juni - 3 Juli 2016 = Administrasi
  • 11 juli 2016 = Pengumuman Administrasi
  • 17 Juli 2016 = Wawancara Gelombang 1
  • 24 juli 2016 = wawancara gelombang 2
  • 31 Juli 2016 = Tes Skill
  • 4 September 2016 = wawancara terakhir
  • 12 September 2016 = Penerjunan
Tema: Membangun Indonesia Beradab dan bermanfaat Melalui pendidikan
  • Pendidik
Persyaratan:
  1. Mengirimkan essay sesuai tema
  2. mimimal memiliki salah satu keahlian :
  3. mendongeng
  4. Fun Game (Ice breaking, outbound)
  5. Kemampuan bernyanyi anak-anak
  6. metode pembelajaran kreatif
Fotografer
  • Persyaratan: mengirim Foto Sesuai tema
Jurnalis
  • Persyaratan: mengirim berita sesuai tema
Desiner
  • Persyaratan:  mengirim Desai sesuai tema

Persyaratan umum:
  1. Mengisi formulir
  2. Membuat essay sesuai tema
  3. Mahasiswa Aktif UAD Maksimal semester 6
  4. Melampirkan pas photo & KTP (JPG)
Semua berkas dalam bentuk .rar dengan nama folder (Nama_Prodi_Angkatan)

Download formlir pendaftran disini:
atau kunjungi:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama