Jelaskan hubungan interaksi yang terjadi antara jamur dengan tumbuhan iang pada mikoriza


Soal Uji Kompetensi No. 8 buku Biologi untuk SMA/MA Kelas X (Penerbit Erlangga) Halaman 255:

Soal Uraian:

Jelaskan hubungan interaksi yang terjadi antara jamur dengan tumbuhan iang pada mikoriza

Jawaban: 

Mikoriza merupakan jamur yang bersimbiosis dengan akar tumbuhan tingkat tinggi. Jamur yang membentuk mikoriza berasal dari golongan Zygomycotina, Ascomycotina, atau Basidiomycotina. Tanpa adanya mikoriza, beberapa tumbuhan tidak dapat menyerap air dan mineral yang cukup dari dalam tanah untuk pertumbuhan yang maksimum. Oleh karena itu, terbentuklah mikoriza pada akar beberapa jenis tumbuhan tingkat tinggi.

Jamur dan tumbuhan tingkat tinggi masing-masing mendapat keuntungan. Jamur memperoleh senyawa organik, misalnya gula dan asam amino dari tumbuhan. Tumbuhan memperoleh air dan mineral (terutama fosfor) yang diserap oleh jamur dari dalam tanah. Jamur juga menyediakan hormone pertumbuhan tertentu bagi tumbuhan dan melindungi akar tumbuhan terhadap infeksi mikroorganisme. Tumbuhan yang memiliki mikoriza lebih tahan terhadap kekeringan dan suhu yang ekstrim.

Mikoriza dibedakan menjadi 2 tipe, yaitu:
  1. Ektomikoriza, hifa tidak menembus ke dalam akar (korteks) hanya sampai epidermis, contoh ektomikoriza pada pinus.
  2. Endomikoriza, hifa jamur menembus akar sampai ke bagian korteks.
  3. Contoh: endomikoriza pada tanaman anggrek dan sayuran seperti kol dan bit.
Mikoriza

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama