Kemenristekdikti Desain Pendidikan Profesi Guru 2018


Medan – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan menggelar focus group discussion (FGD) review capaian pembelajaran program pendidikan profesi guru (PPG) 2017 dan penentuan kelulusan proses dan hasil belajar mahasiswa program PPG 2018.

“PGD ini sebagai upaya persiapan merancang pelaksanaan program PPG Reguler di 2018,” kata Direktur Pembelajaran Dirjen Belmawa Kemenristekdikti, Paristiyanti Nurwardani MP, kemarin di ruang rapat Digital Library Unimed. Disebutkannya, pemerintah melalui Kemristekdikti bersama Kemdikbud akan membuka pendaftaran calon mahasiswa baru program PPG reguler di 2018 ini.

Disebutkannya, di beberapa PTN, termasuk Unimed telah resmi memiliki program studi PPG. Di Unimed program PPG reguler usulan pembukaan program studi tersebut telah disetujui Kemristekdikti sejak akhir 2017.

Paristiyanti bersama dengan tim pembahas mengatakan, pada tahun sebelumnya program PPG ini baru diberikan bagi guru-guru alumni SM3T.

“Karena perintah undang-undang, pemerintah telah siap melaksanakan PPG reguler mulai tahun ini. Jadi rapat ini untuk merancang pelaksanaan PPG yang akan kita laksanakan tersebut,” katanya.

Untuk itu pihaknya bersama tim pembahas telah mereview pelaksanaan PPG 2017 dan mendesain pelaksanaan PPG 2018. Dari pembahasan itu dihasilkan kesepakatan akan menjadikan desain pada pelaksanaan PPG 2018.

Diakuinya, pelaksanakan FGD di Unimed ini selain Prof Syawal Gultom adalah Ketua Forum Rektor LPTK juga mantan Kepala BPSDMPK Kemdikbud yang konsen menangani peningkatan kualitas guru di Indonesia. Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom mengatakan kegiatan ini memiliki tujuan mulia yakni meningkatkan mutu dan kualitas guru di Indonesia.

Hasil mufakat bersama tim pembahas dalam FGD merupakan konsep yang ideal untuk diterapkan dalam pelaksanaan PPG di 2018.

“Kita berharap program PPG reguler yang akan dilaksanakan pemerintah mulai tahun ini akan berjalan secara optimal dan berhasil melahirkan guru-guru profesional yang memiliki komitmen dan rasa tanggungjawab dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia, sehingga daya saing bangsa terus meningkat,” katanya.

Tampil sebagai tim pembahas pada FGD itu antara lain Prof Dr Syawal Gultom MPd (Rektor Unimed), Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd (Rektor UNY), Paristiyanti Nurwardani MP (Direktur Pembelajaran Dirjen Belmawa), Sri Renani Pantjastuti (Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Kemdikbud), Totok Bintoro (UNJ).

Selain itu Edi Mulyono (Kasubdit. Pendidikan Vokasi dan Profesi Dirjen Belmawa), Dharnita Chandra (Kasubdit. Pengakuan Kualifikasi Dirjen Belmawa), Eni Susanti (Kasi. Teknologi Pembelajaran Pendidikan Vokasi dan Profesi Dirjen Belmawa), Didi Rustam (Kasi. Capaian Pembelajaran Dirjen Belmawa).

Sumber: http://www.jurnalasia.com/edukasi/kemenristekdikti-desain-pendidikan-profesi-guru-2018/

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama