Pembahasan Soal UN Biologi SMA Paket 1 Soal No 8 Tahun Pelajaran 2016/2017

Soal:

Perhatikan gambar kerusakan lingkungan berikut!


Penyebab kerusakan lingkungan pemukiman sesuai gambar diakibatkan oleh tindakan manusia, yaitu….
A. membuang sampah sembarangan
B. menutup daerah penampungan air
C. perubahan fungsi lahan pertanian
D. penebangan hutan secara liar
E. drainase air yang tidak dipelihara

Jawaban:

D. penebangan hutan secara liar

Pembahasan:

Gambar pada soal diatas adalah peristiwa banjir bandang.

Apa itu banjir bandang?

Banjir bandang atau Air Bah adalah banjir besar yang datang secara tiba-tiba dengan meluap, menggenangi, dan mengalir deras menghanyutkan benda-benda besar (seperti kayu dan sebagainya).

Banjir ini terjadi secara tiba-tiba di daerah permukaan rendah akibat hujan yang turun terus-menerus. Banjir bandang terjadi saat penjenuhan air terhadap tanah di wilayah tersebut berlangsung dengan sangat cepat hingga tidak dapat diserap lagi. 

Air yang tergenang lalu berkumpul di daerah-daerah dengan permukaan rendah dan mengalir dengan cepat ke daerah yang lebih rendah. Akibatnya, segala macam benda yang dilewatinya dikelilingi air dengan tiba-tiba. Banjir bandang dapat mengakibatkan kerugian yang besar.

Salah satu penyebab utama terjadi banjir bandang ini adalah karena penebangan hutan secara liar. Hutan atau pepohonan berperan untuk menyerap air agar dapat tersimpan ke dalam tanah  Ketika pepohonan yang tumbuh di lingkungan menjadi sedikit karean ditebang secara liar, maka hal ini akan membuat penyerapan air menjadi sedikit terganggu. Akibatnya akan banyak air yang tidak diserap atau penyerapan menjadi kurang maksimal. Ketika air yang tidak bisa diserap jumlahnya terlalu banyak, maka akan meningkatkan resiko terjadinya banjir bandang.


Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama