Jelaskan perbedaan mitosis yang terjadi pada sel tumbuhan dengan sel hewan.


Soal Uji Kompetensi Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XII (Penerbit Erlangga) Halaman 153-157:

Soal Uraian:

Jelaskan perbedaan mitosis yang terjadi pada sel tumbuhan dengan sel hewan.

Jawaban:

Perbedaan mitosis yang terjadi pada sel tumbuhan dengan sel hewan adalah
  • pada sel hewan, sitokinesis diawali dengan pembentukan alur pembelahan dibidang ekuatorial (ditengah-tengah sel). Pada sisi alur pembelahan sitoplasma terdapat cincin kontraktil. Cincin kontraktil tersusun dari mikrofilamen aktin dan molekul protein miosin. Kontraksi cincin mikrofilamen tersebut menyebabkan alur pembelahan semakin dalam sehingga pada akhirnya terbentuk dua sel anak.
  • berbeda pada sel hewan, sel tumbuhan yang berdinding sel saat sitokinensis tidak membentuk alur pembelahan, tetapi vesikula-vesikula yang dihasilkan oleh badan golgi berpindah disepanjang mikrotubula ditengah-tengah sel. Vesikula-vesikula yang mmebawa materi dinding sel tersebut bersatu membentuk pelat sel. Pelar sel ini membesar hingga membran disekeliling bergabung dengan membran plasma, kemudian terbentuklah didning sel baru yang memisahkan kedua sel anak. 


Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama