Pada saat otot berkontraksi, salah satu tahap yang terjadi adalah....

Pembahasan Soal UN Biologi SMA Tahun 2018

Soal Nomor 16:


Pada saat otot berkontraksi, salah satu tahap yang terjadi adalah....
A. panjang zona H berubah, pita I tetap
B. pita I memendek, zona H memendek
C. pita I memendek, pita A memendek
D. pita I memanjang, Pita A memendek
E. pita I memanjang, pita A memanjang  

Jawaban:

B. pita I memendek, zona H memendek

Pembahasan: 



  1. Zona H, yaitu jarak antara aktin satu dengan aktin lainnya (pada saat kontraksi, zona H akan memendek atau menghilang)
  2. Zona A atau pita A, merupakan panjangnya myosin 
  3. Zona I atau pita I, merupakan jarak antara myosin dengan myosin lainnya (pada saat kontraksi, zona I atau pita I akan memendek)
  4. Zona Z, merupakan jarak garis Z satu ke garis Z berikutnya (pada saat kontraksi, zona Z ini akan memendek)
Ketika berkontraksi, sel otot dapat memendek karena ada pemendekan dari zona zona atau pita pita di dalam srkomer meliputi zona Z, zona H dan pita I.

Sumber: [brainly]


Sumber lainnya:

Jenis otot yang mampu menggerakan tulang adalah otot lurik. Sel otot ini memiliki bentuk memanjang sehingga disebut juga sebagai serabut otot. Satu serabut otot tersusun dari miofibril-miofibril. Satu miofibril tersusun dari sarkomer, merupakan wilayah antara dua garis Z. Sarkomer adalah unit otot yang terdiri atas protein filamen tebal (miosin) dan protein filamen tipis (aktin). Pita A adalah daerah gelap yang mengandung aktin dan miosin. Zona H adalah bagian pita A yang hanya mengandung miosin di bagian tengah. Pita I adalah daerah ujung sarkomer yang terdapat daerah terang dan hanya mengandung aktin. Ketika otot berkontraksi, aktin dan miosin bertautan dan saling menggelincir. Akibatnya, zona H dan pita I memendek sehingga sarkomer juga memendek. Sebaliknya ketika otot berelaksasi, zona H dan pita I memanjang sehingga sarkomer juga memanjang sedangkan zona A tetap. [finishwellunbiologi]


Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama