Orang-orang pada gambar berikut sedang mendaki menuju puncak gunung yang cukup tinggi. Kandungan oksigen di daerah puncak gunung tersebut mulai menipis sehingga tampak beberapa orang sudah kelelahan. Bagaimanakah kegiatan tersebut akan mempengaruhi proses pernapasan mereka?

Soal:

Orang-orang pada gambar berikut sedang mendaki menuju puncak gunung yang cukup tinggi. Kandungan oksigen di daerah puncak gunung tersebut mulai menipis sehingga tampak beberapa orang sudah kelelahan.


Bagaimanakah kegiatan tersebut akan mempengaruhi proses pernapasan mereka?
A. Peningkatan kebutuhan oksigen akan menyebabkan aktivitas alveoli meningkat sehingga volume cadangan inspirasi paru-paru bertambah.
B. Kebutuhan oksigen yang meningkat berbanding lurus dengan penambahan jumlah sel darah merah, aktivitas alveoli, frekuensi pernapasan,  dan volume tidal paru-paru.
C. Peningkatan aktivitas alveoli dan elastisitas paru-paru menyebabkan jumlah sel darah merah bertambah sehingga memperbesar kapasitas vital paru-paru.
D. Aktivitas alveoli dan elastisitas paru-paru meningkat sehingga meningkatkan frekuensi pernapasan dan jumlah udara residu paru-paru.
E. Frekuensi pernapasan dan kecepatan difusi oksigen di alveolus meningkat sebagai akibat dari bertambahnya kebutuhan oksigen.



Jawaban:

C. Peningkatan aktivitas alveoli dan elastisitas paru-paru menyebabkan jumlah sel darah merah bertambah sehingga memperbesar kapasitas vital paru-paru.


Pembahasan:



Lihat selengkapnya:

Belum ada Komentar untuk "Orang-orang pada gambar berikut sedang mendaki menuju puncak gunung yang cukup tinggi. Kandungan oksigen di daerah puncak gunung tersebut mulai menipis sehingga tampak beberapa orang sudah kelelahan. Bagaimanakah kegiatan tersebut akan mempengaruhi proses pernapasan mereka?"

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

SAHABAT PAK PANDANI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel