Loading...


Selamat Tahun Pelajaran baru 2019/2020. Selamat Belajar dan Terima kasih sudah mengunjungi Blog Pak Pandani. Salam Belajar dan Berbagi

ASI eksluasif merupakan pemberian ASI tanpa memberikan makanan lain pada bayi yang berusia 0-6 bulan. Bayi tidak diberi tambahan cairan seperti susu formula, air putih, teh, madu atau makanan padat sebelum usia enam bulan. Manfaat pemberian asi ekslusif pada bayi adalah ....

   
Loading...
       
Pembahasan Soal UNKP Mata Pelajaran Biologi SMA Tahun Pelajaran 2018/2019.

Indikator Yang Diuji:
  • Menjelaskan manfaat pemberian ASI eksklusif pada bayi.

Persentase Penguasaan Materi Secara Nasional:
  • 92,21%

Nomor Soal: 14

ASI eksluasif merupakan pemberian ASI tanpa memberikan makanan lain pada bayi yang berusia 0-6 bulan. Bayi tidak diberi tambahan cairan seperti susu formula, air putih, teh, madu atau makanan padat sebelum usia enam bulan. Manfaat pemberian asi ekslusif pada bayi adalah ....
A. agar tubuh lebih sehat dan gemuk
B. agar sistem kekebalan tubuh lebih kuat
C. sebagai pengganti makanan pokok
D. agar bayi menjadi aktif bergerak
E. untuk mencegah konstipasi


Jawaban:

B. agar sistem kekebalan tubuh lebih kuat

Pembahasan:

*bahan bacaan



Jakarta - Peraturan terbaru menetapkan, ibu yang melahirkan wajib memberikan Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif selama 6 bulan sejak anaknya lahir. Kenapa pemberian ASI eksklusif wajib selama minimal 6 bulan?

Pemerintah menjamin perlindungan bagi para ibu yang akan melaksanakan kewajibannya tersebut.

Kewajiban untuk memberikan ASI Eksklusif tercantum pada pasal 6 Peraturan Pemerintah (PP) nomor 33/2012 tentang Pemberian ASI Eksklusif yang ditetapkan pada 1 Maret 2012. Bunyinya adalah sebagai berikut, seperti ditulis Selasa (3/4/2012).

"Setiap ibu yang melahirkan harus memberikan ASI Eksklusif kepada bayi yang dilahirkannya".

Kenapa harus minimal 6 bulan?

Pemerintah mengikuti rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang menyarankan ibu menyusui bayinya selama 6 bulan penuh untuk menghindari alergi dan menjamin kesehatan bayi yang optimal.

ASI Eksklusif perlu diberikan selama 6 bulan karena pada masa itu bayi belum memiliki enzim pencernaan yang sempurna untuk mencerna makanan atau minuman lain. Terlebih semua jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi sudah bisa dipenuhi dari ASI.

Tujuan pemberian ASI Eksklusif seperti tertulis dalam penjelasan PP tersebut adalah melindungi bayi dari risiko infeksi akut seperti diare, pneumonia, infeksi telinga, haemophilus influenza, meningitis dan infeksi saluran kemih. ASI Ekslusif juga melindungi bayi dari penyakit kronis di masa depan seperti diabetes melitus tipe 1.

Menyusui bayi juga berhubungan dengan penurunan tekanan darah dan kolesterol serum total, penurunan prevalensi diabetes melitus tipe 2 dan juga obesitas saat remaja dan dewasa.

Sementara bagi ibu, menyusui dapat menunda kembalinya kesuburan dan mengurangi risiko perdarahan pasca melahirkan, kanker payudara, pra menopause dan kanker ovarium.

ASI Ekslusif diberikan selama 6 bulan pertama sejak bayi dilahirkan, tanpa diberi tambahan makanan atau minuman apapun. Saat memasuki usia 6 bulan, bayi baru diperkenalkan pada Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) sedangkan pemberian ASI tetap diteruskan hingga bayi berusia 2 tahun.

Bila bayi diberi ASI eksklusif 6 bulan penuh, akan mengurangi kemungkinan ibu untuk hamil lebih dini. Ibu yang menyusui dengan ASI biasanya juga lebih cepat mengembalikan postur tubuhnya seperti sebelum hamil. Selain itu juga mengurangi kemungkinan kerapuhan pada tulang ibu.


Baca selengkapnya:
   
Loading...
   

0 Response to " ASI eksluasif merupakan pemberian ASI tanpa memberikan makanan lain pada bayi yang berusia 0-6 bulan. Bayi tidak diberi tambahan cairan seperti susu formula, air putih, teh, madu atau makanan padat sebelum usia enam bulan. Manfaat pemberian asi ekslusif pada bayi adalah .... "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani