Bayi yang baru lahir membawa kekebalan tubuh yang berasal dari ibu. Namun antibodi tersebut bersifat sementara karena secara bertahap akan hilang dalam kurun waktu 6-8 bulan setelah kelahiran. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi setelah dilahirkan dapat dilakukan dengan cara ....

Pembahasan Soal UNKP Mata Pelajaran Biologi SMA Tahun Pelajaran 2018/2019.

Indikator Yang Diuji:
  • Menjelaskan cara meningkatkan sistem imun dalam tubuh manusia.

Persentase Penguasaan Materi Secara Nasional:
  • 25,19%

Nomor Soal: 15

Bayi yang baru lahir membawa kekebalan tubuh yang berasal dari ibu. Namun antibodi tersebut bersifat sementara karena secara bertahap akan hilang dalam kurun waktu 6-8 bulan setelah kelahiran.

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi setelah dilahirkan dapat dilakukan dengan cara ....
A. perberian vitamin secara berkala
B. vaksinasi dan imunisasi secara bertahap
C. menjemur bayi setiap pagi selama 1 jam
D. menghindari kontak dengan mikroba patogen
E. menjaga kebersihan lingkungan sekitar bayi


Jawaban:

B. vaksinasi dan imunisasi secara bertahap

Pembahasan:

*bahan bacaan



...........................

Pada bayi yang sehat, dengan seiring bertambahnya umur maka bayi akan secara alami membentuk antibodinya sendiri. Antibodi yang berhasil diterima bayi dari ibu melalui ASI lama-lama akan menurun. Ketika bayi berumur 2 hingga 3 bulan, bayi sudah mulai membangun sistem kekebalan tubuh dan memproduksi antibodinya sendiri. Setelah bayi memasuki usia 6 bulan, maka sistem kekebalan tubuhnya sudah bisa bekerja dengan normal, layaknya sistem kekebalan tubuh pada orang dewasa.

Pemberian imunisasi pada anak balita juga sangat penting untuk dilakukan karena dapat meningkatkan dan menguatkan sistem kekebalan tubuh mereka yang baru saja dibentuk. Imunisasi dasar diperlukan oleh bayi yang baru lahir, yang terdiri dari bacillus calmette guerin (BCG), diphtheria pertusis tetanus-hepatitis b (DPT-HB) atau diphtheria pertusis tetanus-hepatitis b-hemophilus influenza type b (DPT-HB-Hib), hepatitis B pada bayi baru lahir, polio, dan campak. Kemudian terdapat imunisasi lanjutan yang merupakan imunisasi ulangan untuk memperpanjang perlindungan dari penyakit. 


Jadi jawabnnya adalah B

Baca selengkapnya:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama