Jelaskan tahapan teknik kultur jaringan untuk memperbanyak tanaman.


Pembahasan Soal Ulangan Semester 1 Kelas XI (Penerbit Erlangga) Halaman: 224-229:

Soal:

Jelaskan tahapan teknik kultur jaringan untuk memperbanyak tanaman.


Jawaban:
  1. Sterilisasi - di tahap ini eksplan akan disterilisasi dengan menggunakan bahan kimia yang dapat membunuh mikroba pengganggu eksplan di tempat yang steril.
  2. Pembuatan media kultur - dalam kultur jaringan ini, media tanaman sangat penting dan kompisisinya bergantung pada jenis tumbuhan yang dipilih.
  3. Intisiasi - dalam tahap ini, dilakukan pengambilan eksplan atau bagian tumbuhan yang digunakan dalam teknik ini, umumnya memakai tunas.
  4. Multiplikasi - pada tahap ini dilakukan pelipatgandaan tanaman yang dipilih dengan menanam eksplan di media kultur yang sudah disediakan.
  5. Pengakaran - di tahapan ini terjadi pertumbuhan akar pada eksplan diatas yang kemudian berkembang menjadi plantet / tumbuhan kecil
  6. Aklimatisasi - pada tahapan ini eksplan dipindahkan ke pot-pot kecil yang tdk terkena sinar matahari langsung, kemudian dipindahkan lagi ke lahan pertanian yang terkena sinar matahari langsung bila sudah tumbuh kuat.

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama