Loading...


Selamat Tahun Pelajaran baru 2019/2020. Selamat Belajar dan Terima kasih sudah mengunjungi Blog Pak Pandani. Salam Belajar dan Berbagi

Soal "TBS (Tes Bakat Skolastik)" Untuk Guru

   
Loading...
       
Tes Penilaian Situasional

Sesuai edaran dari kemdikbud, pada hari ini 1 Oktober 2019 dimulai tes TBS (Tes Bakat Skolastik) secara nasioanal. Tes ini dilaksanakan selama 3 hari yakni, 1, 2, dan 3 Oktober 2019.

Tes Bakat Skolastik (TBS) 
merupakan alat tes yang digunakan untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru. Penggunaan TBS untuk memberikan informasi potensi belajar siswa sehingga dapat melengkapi hasil tes prestasi yang sudah diterapkan di sekolah saat ini. Berbeda dari tes prestasi, TBS disusun tidak berdasarkan silabus mata pelajaran tertentu sehingga dalam menjawab soal lebih tergantung pada daya nalar siswa baik logis maupun analitis.

Sumber: https://puspendik.kemdikbud.go.id/tbs/

Tidak hanya untuk siswa, guru dan tenaga kependidikanpun diberikan kesempatan mengikuti tes pada hari ini. Namun untuk GTK tes ini bukanlah Tes Bakat Skolastik (TBS) tetapi Tes Penilaian Situasional (TPS).


Tes Penilaian Situasional (TPS) adalah tes kepribadian yang dikembangkan menggunakan bentuk penilaian terhadap situasi (Situational Judgement). Tes ini berisi situasi-situasi yang mengharuskan seseorang untuk melakukan penilaian dan pengambilan keputusan berdasarkan apa yang mereka yakini, harapkan, atau kebiasaan yang dilakukan.
  • Manfaat
Memberikan gambaran mengenai karakteristik kepribadian seseorang.
  • Aspek yang diukur
Kepemimpinan, kemampuan adaptasi, berpikif inovatif, pengendalian emosi, integritas, tanggung jawab, dan lain-lain.
  • Output
Profil kepribadian.

Sumber: https://puspendik.kemdikbud.go.id/tes-bakat-kepribadian


Tes Penilaian Situasional dilakukan secara online melalui alamat situs berikut: 
Untuk mengikuti tes ini, terlebih dahulu guru dan tenega kependidikan didaftarkan sesuai dengan jadwal melalui situs resmi TBS dan selanjutnya mendapatkan username dan password pada hari H.  

Setelah mendapatkan username dan password, GTK bisa mengikuti ujian secara onlien dengan mengakses alamat situs ini.

Pengalaman hari ini, ternyata jumlah soal Tes Penilaian Situasional beragam. Ada GTK yang mendapat 66 butir soal dan adapula yang mendapatkan 86 soal.

Tapi uniknya, justru yang mendaatkan soal 86 merasa lebih beruntung karena, soal-soal yang diberikan tergolong mudah. Karena cuma memilih satu dari dua sikap yang ada. Sikap tersebut dipilih seuai dengan kepribadian yang kita miliki.

Sedangkan yang mendapatkan 66 soal harus menjawab soal-soal cerita yang tergolong sedikit rumit karena teks lumayan banyak. Dan hasil yang didapat pun cenderung lebih bagus pada soal 86 ketinbang soal 66. 

Selamat belajar, salam pak pandani.
   
Loading...
   

0 Response to " Soal "TBS (Tes Bakat Skolastik)" Untuk Guru "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani