Loading...


Selamat Tahun Pelajaran baru 2019/2020. Selamat mengikuti Ujian TBS, Try Out UNBK, Simulasi UNBK, UTS, US, UAS dan UNBK/UNKP. Terima kasih sudah mengunjungi Blog Pak Pandani. Salam Belajar dan Berbagi

3 Julukan Negara Jerman Yang Harus Kita Ketahui

   
Loading...
       

Julukan Negara Jerman - Pernahkah kalian mendengar kalimat “Das Land der Dichter und Denker”? Bagi yang sudah belajar bahasa Jerman pasti tahu makna kalimat di atas. Ya, itu adalah julukan negara Jerman yang artinya negeri para penyair dan pemikir. 

1. Jerman Negari Jerman Para Penyair dan pemikir 

Julukan tersebut muncul karena di masa lalu Negara Jerman melahirkan banyak pemikir yang menghasilkan ajaran filsafat yang sangat terkenal. Selain itu Jerman juga menjadi pelopor pendidikan, pembelajaran, kesadaran berpikir ilmiah dan karya-karya sastra yang mengguncang dunia. 

 Kenapa bisa begitu? Karena dalam sejarahnya, banyak pangeran dan penguasa kota-kota kecil di Jerman yang mendukung orang-orang berpikiran hebat dan menentang penguasa. Pada akhir abad 18, penulis diperlakukan sebagai pahlawan Jerman. Bahkan sampai saat ini sastrawan serta filsuf Jerman seperti Johann Wolfgang von Goethe, Immanuel Kant, Georg Wilhelm Friedrich Hegel maupun Friedrich Schiller selalu diingat warga Jerman. Selain memberikan kontribusi penting bagi dunia filsafat dan sastra, Jerman juga telah menghasilkan ilmuwan-ilmuwan brilian yang berperan dalam perkembangan sains dan teknologi. Fisikawan Albert Einstein lahir di Wurttemberg, Jerman pada akhir 1800-an. 

 Sepanjang hidupnya, Einstein telah menemukan banyak teori serta penjelasan ilmiah tentang Fisika Modern, kosmologi, Mekanika Statistika maupun Mekanika Kuantum. Yang paling diingat orang tentang Einstein adalah teori relativitas serta hubungan antara energi dan massa benda yang dirumuskan E=m.c2. Albert Einstein menerima hadiah nobel tahun 1921 dan meninggal di New Jersey pada usia 76 tahun. 

Eintein hanya satu dari ilmuwan berpengaruh dari Jerman. Masih ada nama-nama lain seperti Wilhelm Conrad Röntgen, Max Planck, Robert Koch, dll. Dan tradisi ilmu pengetahuan yang dimiliki Jerman diwariskan sampai sekarang. Saat ini pendidikan Jerman bisa dikatakan sebagai salah satu yang terbaik dunia. Bahkan Jerman memberikan fasilitas pada pelajar berupa pendidikan gratis di sekolah negeri, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Dan pembebasan biaya kuliah juga berlaku untuk semua mahasiswa asing. Karena itulah banyak yang menyebut Jerman merupakan surga bagi mahasiswa asing. 

 2. Deutschland 

Lalu adakah julukan lain untuk negara Jerman lainnya? apakah mereka memiliki banyak julukan sebagaimana Indonesia yang bergelar zamrud khatulistiwa, negeri seribu pulau, nusantara, negara maritim, dll. Sayangnya tidak banyak julukan yang disematkan untuk Jerman. Orang Jerman menyebut negara mereka sebagai Deutschland. Tapi Deutschland bukanlah julukan negara Jerman. Lebih tepatnya, Deutschland merupakan nama lain dari negara Jerman. 

3. Negerinya Hitler 

Salah satu julukan yang mau tidak mau akan selalu melekat dengan Jerman adalah negerinya Hitler. Kenapa? Karena nama Adolf Hitler akan selalu identik dan tidak bisa dipisahkan dengan sejarah Jerman. Walau banyak dari orang Jerman yang tidak nyaman dengan julukan ini. Karena julukan negerinya Hitler akan menimbulkan makna negatif.

Hitler yang menjadi pemimpin absolut Jerman dari tahun 1933 hingga 1945 ini dikenal sebagai Presiden terkejam dalam sejarah. Hitler juga menyebut dirinya sebagai Fuhrer (pemimpin) dan menjadikan dirinya sebagai Presiden sekaligus Kanselir Jerman. Padahal dalam sejarah Jerman, tidak pernah ada Presiden dan Kanselir yang diduduki satu orang yang sama. Tapi tidak sepert diktator lainnya yang banyak dimusuhi rakyatnya.

Hitler justru menjadi salah satu diktator yang tidak tidak banyak ditentang rakyat. Hitler juga memiliki prestasi membawa Jerman dari negara termiskin menjadi negara maju hanya dalam waktu 9 bulan. Tapi ambisi menghancukan Hitler dan Jerman. Ambisi Hitler untuk menjadikan Jerman sebagai pemimpin Eropa justru menimbulkan Perang Dunia II yang berakhir dengan kekalahan Jerman. Jerman menyerah pada Mei 1945 dan meninggalkan kehancuran bagi Jerman. Jutaan rakyat Jerman meninggal akibat Perang Dunia II.

Selain itu, ekonomi, industri, serta kota-kota Jerman juga hancur. Demikian tadi ulasan mengenai julukan negara Jerman dan asal mula julukan itu muncul. Semoga bermanfaat dan menambah pengenalan kita pada negara Jerman.


   
Loading...
   

0 Response to " 3 Julukan Negara Jerman Yang Harus Kita Ketahui "

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani