Pada libur semester Ali diajak orang tuanya berlibur ke pantai. Pada saat berjalan jalan, dia menemukan hewan dengan ciri-ciri berikut: 1. Tubuh simetris radial 2. Tubuhnya lunak dan seperti mentimun 3. Tidak memiliki duri dan eksoskleton 4. Memiliki tentakel pada mulutnya


Soal: 

Pada libur semester Ali diajak orang tuanya berlibur ke pantai. Pada saat berjalan jalan, dia menemukan hewan dengan ciri-ciri berikut:
1. Tubuh simetris radial
2. Tubuhnya lunak dan seperti mentimun
3. Tidak memiliki duri dan eksoskleton
4. Memiliki tentakel pada mulutnya

Hewan yang ditemukan terebut dapat dimasukan dalam kelompok....
A. Chepalopoda
B. Gastropoda
C. Echinoidea
D. Ophiuroidea
E. Holothuroidea
  

Jawaban:

E. Holothuroidea


Pembahasan:

A. Chepalopoda (kaki di kepala)
B. Gastropoda (siput dan siput telanjang)
C. Echinoidea (hewan laut yang berbentuk bundar dan memiliki duri pada kulitnya, contoh bulu babi)
D. Ophiuroidea (Bintang ular)
E. Holothuroidea (Timun laut/Teripang)


Timun laut/ Teripang

Klasifikasi Teripang atau timun laut.

Kingdom : Animalia
Fillum : Enchinodermata
Kelas : HoloThuroidea
Ordo : Aspidochirotida
Family : Actinopyga
Genus: Actinopyga
Spesies : Actinopyga echinites

Teripang adalah hewan avertebrata (Holothuroidea) yang dapat dimakan. Ia tersebar luas di lingkungan laut diseluruh dunia, mulai dari zona pasang surut sampai laut dalam terutama di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Barat.Teripang merupakan hewan yang bergerak lambat, hidup pada dasar substrat pasir, lumpur pasiran maupun dalam lingkungan terumbu.

Teripang merupakan 3 komponen penting dalam rantai makanan di terumbu karang dan ekosistem asosiasinya pada berbagai tingkat struktur pakan (trophic levels). Teripang berperan penting sebagai pemakan deposit (deposit feeder) dan pemakan suspensi (suspensi feeder).Bentuk badan teripang memanjang mirip mentimun. Oleh karena itu, hewan ini biasa disebut mentimun laut atau sea cucumber.

Terim Kasih, Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Pada libur semester Ali diajak orang tuanya berlibur ke pantai. Pada saat berjalan jalan, dia menemukan hewan dengan ciri-ciri berikut: 1. Tubuh simetris radial 2. Tubuhnya lunak dan seperti mentimun 3. Tidak memiliki duri dan eksoskleton 4. Memiliki tentakel pada mulutnya"

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

SAHABAT PAK PANDANI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel