W.M Stanley (1995) berhasil mengisolasi dan mengkristalkan penyebab penyakit mosaik pada tembakau. Apabila kristal disuntikan pada tanaman tembakau, partikel tersebut menjadi aktif. Kemudian memperbanyak diri dan menyerang tanaman tembakau. Menurut Brum, dkk (1994:800), partikel penyebab penyakit mozaik tembakau memiliki ukuran yang sangat kecil. Berdasarkan penjelasan di atas, ciri-ciri penyebab penyakit tembakau adalah....


Soal: 

W.M Stanley (1995) berhasil mengisolasi dan mengkristalkan penyebab penyakit mosaik pada tembakau. Apabila kristal disuntikan pada tanaman tembakau, partikel tersebut menjadi aktif. Kemudian memperbanyak diri dan menyerang tanaman tembakau. Menurut Brum, dkk (1994:800), partikel penyebab penyakit mozaik tembakau memiliki ukuran yang sangat kecil.

Berdasarkan penjelasan di atas, ciri-ciri penyebab penyakit tembakau adalah....
A. belum berbentuk sel, berukuran sangat kecil bahkan lebih kecil dari bakteri
B. dapat memperbanyak diri ketika berada di luar sel inang
C. sel tembakau yang terinfeksi dapat menyerang sel lain selain tanaman tembakau
D. Bersifat parasit fakultatif yang tetap aktif di luar tubunh inang
E. bentuk partikelnya dapat berubah menjadi sel dan bersifat parasit


Jawaban:

A. belum berbentuk sel, berukuran sangat kecil bahkan lebih kecil dari bakteri


Pembahasan:

TMV Pada Daun Tembakau

W.M Stanley (1995) berhasil mengisolasi dan mengkristalkan penyebab penyakit mosaik pada tembakau. Apabila kristal disuntikan pada tanaman tembakau, partikel tersebut menjadi aktif. Kemudian memperbanyak diri dan menyerang tanaman tembakau. Menurut Brum, dkk (1994:800), partikel penyebab penyakit mozaik tembakau memiliki ukuran yang sangat kecil.

Jadi cirinya:

  • Bisa dikristalkan
  • Bisa aktif dalam organisme hidup
  • bisa berpindah
  • ukuran sangat kecil


Pembahasan opsi jawaban:

A. belum berbentuk sel, berukuran sangat kecil bahkan lebih kecil dari bakteri (BENAR)
B. dapat memperbanyak diri ketika berada di luar sel inang (SALAH) karena tidak dapat memperbanyak diri diluar tubuh sel inang.
C. sel tembakau yang terinfeksi dapat menyerang sel lain selain tanaman tembakau. (SALAH) Karena virus tebakau tidak bisa menyerang tanaman lain selain tembakau.
D. Bersifat parasit fakultatif yang tetap aktif di luar tubunh inang (SALAH) tidak bisa aktif diluar tubuh sel inang.
E. bentuk partikelnya dapat berubah menjadi sel dan bersifat parasit (SALAH) karena virus tidak bisa berubah menjadi sel.

Terim Kasih, Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "W.M Stanley (1995) berhasil mengisolasi dan mengkristalkan penyebab penyakit mosaik pada tembakau. Apabila kristal disuntikan pada tanaman tembakau, partikel tersebut menjadi aktif. Kemudian memperbanyak diri dan menyerang tanaman tembakau. Menurut Brum, dkk (1994:800), partikel penyebab penyakit mozaik tembakau memiliki ukuran yang sangat kecil. Berdasarkan penjelasan di atas, ciri-ciri penyebab penyakit tembakau adalah...."

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

SAHABAT PAK PANDANI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel