Loading...

Astri mengamati mikroorganisme Pratista yang diambil dari air kolam sekolah. Hasil pengamatannya dengan mikroskop tampak seperti gamabr berikut. Termasuk kelas apakah organisme tersebut dan apa alasannya?

Soal:

Astri mengamati mikroorganisme Pratista yang diambil dari air kolam sekolah. Hasil pengamatannya dengan mikroskop tampak seperti gamabr berikut.


Termasuk kelas apakah organisme tersebut dan apa alasannya?
A. Flagellata, alat gerak bulu getar
B. Flagellata, alat gerak bulu cambuk
C. Cilliata, alat gerak bulu getar
D. Cilliata, alat gerak bulu cambuk
E. Rhizopoda, alat gerak pseupodia.


Jawaban:

C. Cilliata, alat gerak bulu getar


Pembahasan:

Paramecium merupakan salah satu protista mirip hewan. Protista ini berukuran sekitar 50-350ɰm. Paramecium telah memiliki selubung inti (Eukariot). 

Uniknya Protista ini memiliki dua inti dalam satu sel, yaitu inti kecil (Mikronukleus) yang berfungsi untuk mengendalikan kegiatan reproduksi, dan inti besar (Makronukleus) yang berfungsi untuk mengawasi kegiatan metabolisme, pertumbuhan, dan regenerasi. 

Paramecium bereproduksi secara aseksual (membelah diri dengan cara transversal), dan seksual (dengan konjugasi). Paramecium bergerak dengan menggetarkan silianya (bulu getar).

Belum ada Komentar untuk "Astri mengamati mikroorganisme Pratista yang diambil dari air kolam sekolah. Hasil pengamatannya dengan mikroskop tampak seperti gamabr berikut. Termasuk kelas apakah organisme tersebut dan apa alasannya?"

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

SAHABAT PAK PANDANI

Iklan Atas Artikel

Loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Loading...