Berikut ini ciri-ciri suatu organisme: Ciri-ciri manakah yang menggambarkan virus dapat digolongkan sebagai makhluk hidup?

Soal:

Berikut ini ciri-ciri suatu organisme:
(1) Diudara tidak dapat bergerak, tumbuh, dan berkembang biak;
(2) Tidak dapat diendapkan dengan sentrifugasi biasa, tetapi dapat dikristalkan;
(3) Dapat berkembangbiak dalam sel yang hidup atau jaringan yang hidup
(4) Tubuhnya terdiri atas selubung pembungkus (kapsid) dan bahan inti.

Ciri-ciri manakah yang menggambarkan virus dapat digolongkan sebagai makhluk hidup?
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)


Jawaban:

E. (3) dan (4)


Pembahasan:





Struktur tubuh virus berbeda dengan sel organisme hidup lainnya. Tubuh virus bukan merupakan suatu sel (aseluler) karena tidak memiliki dinding sel, membran sel, sitoplasma, inti sel, dan organel sel lainnya. Selain ukuran tubuhnya sangat kecil, virus memiliki sifat benda mati karena terdiri atas partikel yang dapat dikristalkan. Partikel virus lengkap secara struktural, matang, serta mampu menginfeksi disebut virion.

Virus hanya akan menunjukkan sifat-sifat makhluk hidup (misalnya bereproduksi) bila berada dalam sel organisme hidup lainnya. Itulah sebabnya sebagian ahli biologi menyatakan virus bukan merupakan makhluk hidup. Namun, sebagian ahli biologi yang lain menggolongkan virus sebagai makhluk hidup karena tubuhnya tersusun dari asam nukleat yang diselubungi protein dan mampu bereproduksi.

Virus paling sederhana terdiri dari asam nukleat yang dibungkus kapsid yang disebut nukleokapsid. Virus yang hanya terdiri dari nukleokapsid disebut virus telanjang. Contoh virus yang hanya berupa nukleokapsid adalah TMV (Tobacco Mosaic Virus) dan Adenovirus. Selain itu juga terdapat virus yang memiliki bagian luar seperti kepala, selubung, leher, dan ekor. Virus yang seperti ini disebut virus kompleks. Berikut ini kita akan membahas struktur virus kompleks.

Belum ada Komentar untuk "Berikut ini ciri-ciri suatu organisme: Ciri-ciri manakah yang menggambarkan virus dapat digolongkan sebagai makhluk hidup?"

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

SAHABAT PAK PANDANI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel