Dua orang siswa memilik bentuk tulang kaki yang menyerupai huruf X dan O. Penyebab kelainan pada kedua siswa tersebut adalah ....

Soal:

Dua orang siswa memilik bentuk tulang kaki yang menyerupai huruf X dan O. Penyebab kelainan pada kedua siswa tersebut adalah ....
A. kekurangan vitamin D atau paparan sinar matahari yang tidak cukup
B. kekurangan kalsium pada makanannya dan kelebihan hormon paratiroid
C. ligamen pada persendian kaki tertarik sehingga posisi tulang berubah
D. tertimbunnya asam urat pada sendi sehingga posisi tulang berubah
E. melemahnya kemampuan relaksasi otot kaki akibat infeksi bakteri

Jawaban:




Pembahasan:



Penyebab bentuk kaki O

Ada beberapa penyebab yang berbeda dari kaki berbentuk O, yaitu:
  • Pertumbuhan. Seiring perkembangan anak, bagian tubuh yang berbeda tumbuh pada tingkat yang berbeda. Akibatnya, keselarasan tulang dapat berubah dan menyebabkan penampilan yang tidak biasa pada umur tertentu. Penyebab paling umum dari kaki O dalam rentang usia balita adalah pertumbuhan. Kaki O yang terjadi di bawah usia 2 tahun merupakan perkembangan tulang yang normal. Sudut lutut biasanya memuncak sekitar usia 18 bulan, dan kemudaian secara bertahap kembali ke bentuk normal seiring anak tumbuh.
  • Penyakit Blount. Penyakit Blount adalah suatu kondisi yang dapat terjadi pada anak-anak dan remaja. Ini adalah kondisi di mana lempeng di bagian atas tulang kering (tibia) tumbuh secara abnormal. Ketika balita, akan sangat sulit untuk membedakan apakah ini adalah penyakit Blount atau hanya bentuk kaki O biasa. Tetapi, seorang anak dengan penyakit ini tidak akan memiliki perkembangan bentuk kaki menuju bentuk yang normal ketika beranjak dewasa.
  • Rakhitis. Kondisi ini adalah kondisi yang sangat langka di negara maju, meskipun umum terdapat di negara berkembang. Penyebab paling umum dari kondisi ini adalah kekurangan gizi dari beberapa nutrisi penting untuk kesehatan tulang yang baik. Nutrisi tersebut adalah kalsium, fosfor, atau asupan vitamin D.
  • Osteoarthritis. Pada orang dewasa, penyebab paling umum dari kaki O adalah hasil dari osteoarthritis. Kondisi ini dapat mengikis tulang rawan dan tulang di sekitar sendi lutut. Jika kikisan didistribusikan secara merata, tidak akan ada kelainan yang diharapkan, tetapi ketika kikisan lebih cenderung di dalam sendi lutut, maka kaki O akan semakin terbentuk. Biasanya tingkat keparahan dapat diukur dengan seberapa parah kikisan di dalam sendi lutut.
Bentuk kaki X (genu valgum)

Bentuk kaki ini biasanya dialami beberapa anak yang sehat sebagai fase pertumbuhan, dan akan kembali normal dengan sendirinya. Namun, bagi beberapa orang yang mempertahankan atau mengembangkan kecacatan ini biasanya disebabkan oleh keturunan, kelainan genetik, atau penyakit tulang metabolik.

Penyebab bentuk kaki X

Ada beberapa penyebab yang berbeda dari kaki berbentuk X, yaitu:
  • Osteomielitis. Ini adalah infeksi tulang yang biasanya disebabkan oleh bakteri tertentu, jamur, atau kuman.
  • Rakhitis. Ini sering menjadi penyebab kaki X semasa perkembangan anak. Kondisi ini adalah kondisi yang terjadi ketika seorang anak memiliki kekurangan jumlah vitamin D dalam tubuh mereka.
  • Kondisi rematik. Setiap kondisi yang menyebabkan nyeri sendi dianggap sebagai rematik.
  • Osteochondroma. Kondisi ini menyebabkan kecacatan bentuk dalam perkembangan tulang seseorang. Hal ini disebabkan oleh perkembangan tumor tulang jinak yang berkembang di sekitar ujung tulang panjang.
  • Arthritis. Kondisi ini menyebabkan perubahan radang dalam sendi. Penyebab penyakit kronis ini diyakini karena mekanisme autoimun.
  • Osteodistrofi ginjal. Penyakit ini adalah penyakit tulang yang terjadi ketika ginjal tidak dapat mempertahankan jumlah fosfor dan kalsium yang tepat dalam darah.
  • Cedera tulang kering. Cedera pada tulang kering dapat menyebabkan kaki berbentuk X. Hal ini karena pertumbuhan adalah bagian dari tanggung jawab tulang kering.
  • Obesitas. Beberapa orang percaya bahwa obesitas adalah penyebab kaki X, namun itu tidak benar. Obesitas hanyalah faktor yang memperparah masalah kaki X karena jumlah beban berlebihan yang harus ditopang lutut.
  • Multiple epiphyseal dysplasia (MED). Ini adalah suatu kondisi yang menyebabkan kelainan pada tulang rawan dan tulang pengembangan di sekitar ujung tulang panjang dalam lengan dan kaki.

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama