Perhatikan Tabel Hasil percobaan pertumbuhan kacang Berikut. Berdasarkan data percobaan tersebut, analisis yang paling tepat adalah ....


Soal Ulangan Semester 1 Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XII (Penerbit Erlangga) 
Halaman 242-247:

Soal:

Perhatikan Tabel Hasil percobaan pertumbuhan kacang Berikut.


Berdasarkan data percobaan tersebut, analisis yang paling tepat adalah ....
A. Media tanah dan kelembapan udara berpengaruh pada pertumbuhan kacang hijau
B. tanah liat lebih banyak mengandung zat besi daripada tanah gembur sehingga pertumbuhan menjadi terhambat
C. rata-rata kecepatan pertumbuhan kecambah ditanah berpasir sama dengan di tanah gembur
D. rata-rata kecepatan pertumbuhan kecambah ditanah berpasir sama dengan di tanah liat
E. jenis media tanah kurang berpengaruh terhadap pertumbuhan kecambah, asalkan kandungan air mencukupi.


Jawaban:




Pembahasan:

Jadi kalau kita lihat tabel dapat disimpulkan sebagai berikut:

  • Pertumbuhan kecambah yang paling baik adalah di tanah gembur, lalu ditanah liat, dan yang paling tidak baik di tanah berpasir.
Jadi analisis jawabannya yang tepat adalah 


A. Media tanah dan kelembapan udara berpengaruh pada pertumbuhan kacang hijau [SALAH] karena percobaan ditas cuma untuk membabdingkan Media Tanah.
B. tanah liat lebih banyak mengandung zat besi daripada tanah gembur sehingga pertumbuhan menjadi terhambat  [BENAR] salah satu faktor yang menghambat pertumbuhan pada kecambah adalah unsur mikro yang berlebih. Zat besi merupakan unsur mikro yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit. Jika berlebihan akan mempengaruhi pertumbuhan. seperti Tanah Liat Earthenware yang kaya dengan zat besi. Otomatis akan mempengaruhi pertumbuhan kecambah.
C. rata-rata kecepatan pertumbuhan kecambah ditanah berpasir sama dengan di tanah gembur  [SALAH] kecepatan pertumbuhan kecambah ditanah gembur lebih cepat dibandingkan tanah berpasir.
D. rata-rata kecepatan pertumbuhan kecambah ditanah berpasir sama dengan di tanah liat [SALAH] rata-rata kecepatan pertumbuhan kecambah ditanah berpasir tidak sama dibandingkan tanah liat.
E. jenis media tanah kurang berpengaruh terhadap pertumbuhan kecambah, asalkan kandungan air mencukupi. [SALAH] jenis tanah mempengaruhi kandungan nutrisi didalamnya.

Baca buka halaman 21

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama