Jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada pernapasan manusia.


Soal Uji Kompetensi Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI (Penerbit Erlangga) Halaman 310-313:

Soal Uraian:

Jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada pernapasan manusia.


Jawaban:

Inspirasi merupakan proses aktif yang dilakukan oleh kerja otot (memerlukan kontraksi otot).
a. otot interkostal eksternal berkontraksi, tulang rusuk terangkat ke atas dan kedepan, volume rongga dada membesar, paru-paru yang bersifat elastis mengembang, tekanan udara paru-paru mengecil, maka udara dari luar masuk ke dalam paru-paru.
b. Otot diafragma berkontraksi, sehingga diafragma yang semula melengkung berubah menjadi datar, volume rongga dada membesar, paru-paru mengembang, tekanan udara dar luar masuk ke dalam paru-paru. 

Eksiprasi merupakan proses pasif yang tidak memerlukan kontraksi otot.
a. otot interkostal luar relaksasi, tulang rusuk turun kembali, volume rongga dada menyempit, paru-paru mengecil, tekanan udara paru-paru menjadi besar, mak udara keluar dari paru-paru.
B. otot difragma relaksas, sehingga diafragma yang mendatar berubah melengkung kembali, volume rongga dada menyempit, paru-paru mengecil, tekanan udara paru-paru menjadi besar, maka udara keluar dari paru-paru.




Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama