Sebelum Lanjut Baca
Silahkan Subscribe Dulu Ya!
Jangan Lupa Juga Like, & Komennya.

Terima kasih!

Peran Penting Akuntansi dalam Bisnis, Pengusaha Wajib Tahu

Apa yang membuat akuntansi selalu digunakan dalam bisnis? Bisakah bisnis beroperasi tanpa menggunakan akuntansi? Bagi pebisnis pemula, Anda harus tahu pengertian lengkap tentang akuntansi serta manfaatnya bagi usaha.

Perannya sangat penting untuk karena kaitannya adalah soal keuangan. Hadirnya akuntansi akan mempermudah pengusaha untuk mengambil keputusan. Begitu juga strategi untuk mengembangkan usaha.

Pentingnya Akuntansi untuk Bisnis yang Perlu Diketahui

Ilmu akuntansi adalah merupakan kegiatan yang mencakup pencatatan, identifikasi sampai semua kegiatan ekonomi yang terjadi dalam sebuah perusahaan. Catatan ini akan disusun menjadi laporan nantinya.

Dilihat dari pengertiannya saja, akuntansi adalah ilmu yang dibutuhkan untuk diterapkan dalam bisnis. Anda pun sebagai pengusaha wajib tahu bagaimana proses dari akuntansi ini berjalan.

Tujuannya agar bisa tahu apabila terjadi kesalahan yang dilakukan oleh akuntan. Seperti apa peranan lengkap dari akuntansi ini pada sebuah bisnis, bisa disimak berikut ini.

1. Menjadi Alat yang Mengendalikan Keuangan

Akuntansi yang berupa laporan lengkap debit kredit dan perhitungan lainnya akan mempermudah pengusaha untuk mengendalikan keuangan. Tidak hanya keuangan pribadi saja yang harus dikendalikan namun juga dalam bisnis.

Terutama ketika Anda memiliki utang dari bank atau pemegang saham, maka ada perhitungan yang lebih terperinci. Pengendalian uang yang ada hanya bisa dilihat dari catatan akuntansi yang benar.

Anda tentu tidak ingin bukan usaha menjadi pailit karena kesalahan dalam pengelolaan modal atau kesalahan produksi? Semuanya akan tercatat dan dilihat dalam akuntansi.

2. Memudahkan Perencanaan Anggaran


Hadirnya ilmu akuntansi ini membantu pengusaha untuk merencanakan anggaran. Baik itu anggaran bulanan sampai dengan harian bahkan tahunan sekalipun. Semuanya harus direncanakan dengan baik agar tidak terjadi kekurangan.

Contohnya saja ketika Anda merencanakan soal produksi. Anda tentu sudah tahu seperti apa proses produksi dan membutuhkan bahan baku serta biaya operasionalnya. Semua dapat direncanakan dengan ilmu akuntansi.

3. Lebih Mudah Mengetahui Laba dan Rugi

Dari manakah pengusaha tahu bahwa usahanya mengalami kerugian atau keuntungan? Semuanya berasal dari laporan akuntansi. Apalagi dalam laporan setahun tentunya dibutuhkan laporan yang struktur dan jelas.

Akuntansi akan memberikan informasi yang jelas mengenai laba dan rugi dalam sebuah usaha. Laporan ini nantinya akan memudahkan pengusaha untuk mengidentifikasi rencana penjualan.

Titik masalah akan ditemukan dari mempelajari laporan laba rugi ini. Sehingga bisa segera diatasi dengan cara yang tepat.

4. Belajar Mengenai Arus Kas

Pengusaha juga bisa mempelajari soal arus kas dari laporan akuntansi. Pengendalian arus kas ini akan berdampak besar pada operasional perusahaan. Anda akan tahu mana saja pengeluaran yang perlu dipangkas.

Arus kas yang terlalu tinggi dan tidak dibarengi dengan omset yang bagus tentu bisa menghadapkan perusahaan pada kerugian. Menghindari hal ini Anda wajib menguasai akuntansi terlebih dahulu.

5. Informasi Penting bagi Pihak Eksternal


Bukan hanya manajemen perusahaan saja yang wajib mengetahui laporan akuntansi. Namun bagi perusahaan besar apalagi yang berskala internasional harus bisa mendapatkan informasi yang sama dan real.

Pihak eksternal yang dimaksud adalah tim audit, investor atau pemegang saham. Mereka harus tahu bahwa keuangan perusahaan dalam keadaan sehat dan dana yang diinvestasikan membuahkan hasil.

6. Memudahkan Melakukan Evaluasi


Demi berkembangnya perusahaan, evaluasi penting untuk dilakukan. Bukan hanya evaluasi soal keberhasilan proyek-proyek yang dijalankan tetapi juga keuangan. Manajemen perlu mendapatkan evaluasi bulanan sampai tahunan.

Evaluasi ini ditujukan agar periode selanjutnya perusahaan akan jauh lebih baik. Mengetahui apa saja yang berkembang dan justru merosot jadi pertimbangan besar untuk menetapkan strategi selanjutnya.

7. Sistem Pembukuan yang Rapi

Sistem pembukuan yang benar hanya akan didapatkan jika sudah mempelajari ilmu akuntansi. Sistem pembukuan yang kacau akan mempersulit identifikasi laba rugi sampai dengan operasional bisnis.

Pembukuan sendiri terdiri dari banyak hal baik itu kas masuk, keluar, transaksi, piutang, modal dan masih banyak lagi. Tanpa pembukuan akan sulit menciptakan laporan yang terperinci.

Fungsi dari akuntansi pada bisnis tidak boleh diabaikan dan harus diterapkan sedini mungkin. Keuangan bisnis yang lebih sehat bisa dilihat dari laporan akuntansi yang secara rutin dibuat.

Belum ada Komentar untuk "Peran Penting Akuntansi dalam Bisnis, Pengusaha Wajib Tahu"

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

SAHABAT PAK PANDANI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel