Penghentian Bertahap Aplikasi Jamboard

Pengguna Jamboard yang terhormat,

Kami ingin mengingatkan bahwa kami akan menghentikan aplikasi Jamboard mulai 1 Oktober 2024. Antara 1 Oktober 2024 dan 31 Desember 2024, aplikasi akan tersedia dalam mode "hanya lihat" dan Anda tidak akan lagi dapat membuat atau mengedit Jam yang sudah ada di platform apa pun, termasuk web, iOS, dan Android. Selama periode ini, Anda dapat terus mencadangkan file Jam Anda.

Yang perlu Anda ketahui

File Jamboard (Jam) yang saat ini disimpan di Drive akan otomatis dikonversi menjadi PDF. Pada 1 Oktober 2024, kami akan memulai proses konversi PDF, dan lokasi file PDF di Drive akan sama dengan lokasi file Jam. Perhatikan hal-hal berikut terkait file PDF:

  • Konversi PDF dilakukan sebaik yang kami bisa. Sebaiknya Anda secara proaktif memigrasikan file Jam ke salah satu partner kami jika ingin terus mengeditnya sebagai file Jam.
  • PDF akan memiliki tanggal dibuat dan tanggal terakhir diubah yang sama dengan Jam asli dan akan dibagikan kepada orang yang sama dengan orang yang telah menerima Jam tersebut.
    • Setelah PDF dibuat, perubahan pada file Jam asli, seperti lokasi file atau kepada siapa file ini dibagikan, tidak akan diterapkan ke PDF.
  • Jika file Jam ditransfer ke orang yang baru, tetapi belum diterima oleh orang tersebut, pemilik sebelumnya yang akan menerima file PDF.

Setelah dikonversi menjadi PDF, file Jam tetap ada di Drive dan masih dapat dimigrasikan ke salah satu partner layanan papan tulis virtual kami dengan menggunakan alat impor mereka. Setelah 31 Desember 2024, file Jam akan dihapus dan tidak dapat dimigrasikan lagi. File PDF akan tetap ada di Drive.

Yang perlu dilakukan

Data kami menunjukkan bahwa Anda baru-baru ini menggunakan aplikasi Jamboard atau memiliki setidaknya 1 Jam di Google Drive Anda. Sebaiknya cadangkan file Jam Anda dengan memigrasikannya ke salah satu partner kami. Pelajari lebih lanjut partner kami berikut dan cara mengimpor Jam Anda untuk terus menggunakan papan tulis virtual Anda.

Pada 31 Desember 2024, kami akan menyelesaikan proses penghentian aplikasi Jamboard dan Anda tidak akan lagi dapat mengakses file Jam Anda.

Kami siap membantu

Untuk informasi selengkapnya, Anda dapat mengunjungi halaman FAQ kami.

Terima kasih telah memilih Google Workspace.

– Tim Google Workspacea

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama